Stasiun Gambir Pensiun Layani Kereta Jarak Jauh Mulai 2021

Mulai 2021, Stasiun Gambir tak lagi layani perjalanan kereta ke Pulau Jawa. Rencananya perjalanan jarak jauh ke dan dari Pulau Jawa akan dipindahkan ke Stasiun Manggarai. (kabarjitu/red)

 

JAKARTA (kabarjitu): Layanan angkutan kereta api jarak jauh yang selama ini dilayani di Stasiun Gambir akan dipindahkan ke Stasiun Manggarai. Rencana pemindahan itu akan dilakukan pada 2021 mendatang. Pemindahan akan dilakukan setelah revitalisasi Stasiun Manggarai selesai.

Kasubag Humas Direktorat Jenderal Perkeretaapian Kementerian Perhubungan (Kemenhub) Supandi mengatakan perpindahan kereta jarak jauh hanya akan dilakukan dari Stasiun Gambir ke Manggarai. Sementara itu, untuk Stasiun Senen layanan perjalanan kereta jarak jauh masih akan tetap dipertahankan.

“Stasiun Manggarai direncanakan sebagai pusat stasiun (central station). Jadi, tidak hanya KRL Jabodetabek tetapi juga untuk kereta api jarak jauh,” katanya di Jakarta, Senin (07/10/2019).

Dengan Manggarai sebagai pusat stasiun, nasib Gambir yang selama ini sebagai tempat pemberhentian bagi kereta jarak jauh di Jakarta pun akan tergantikan.

“Memang Manggarai ini kita rencanakan ke depan menjadi sentral station, yang akan datang tidak ada lagi kereta dari luar kota masuk ke Gambir. Kereta terakhir adalah di Manggarai ini,” tegasnya.

Rencana Stasiun Manggarai menjadi pusat, lanjutnya, nantinya juga akan dilakukan pembangunan penambahan jalur rel kereta api, khususnya kerera api bandara yang selama ini masih satu jalur dengan KRL Commuter Jabodetabek.

“Saat ini pembangunan Manggarai sebagai pusat stasiun masih terhambat oleh pembebasan lahan. Namun, dengan beroperasinya kereta api bandara diharapkan bisa meningkatkan mobilitas penumpang, khususnya yang selama ini mengandalkan transportasi massal,” pungkasnya. (red)

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password