Karhutla Ancam Hilangnya Tumbuhan dan Satwa Endemik

Kabur Asap di Sumatera dan Kalimantan berpotensi meningkat sehingga mengancam hilangnya tumbuhan dan satwa endemik. (kabarjitu/red)

 

JAKARTA (kabarjitu): Kebakaran hutan dan lahan (karhutla) yang terjadi di Sumatera dan Kalimantan membawa dampak serius pada ekosistem dan keanekaragaman hayati. Mengacu kejadian karhutla di tahun 1998 dan 2015, karhutla yang terjadi di tahun 2019 ini berpotensi menyebabkan 95 persen jenis tumbuhan terbakar dan mengalami kekeringan.

Demikianlah dikatakan Peneliti bidang ekologi lingkungan Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI) Joeni Setijo Rahajoe di Jakarta, Jumat (04/10/2019).

Joeni menambahkan, lokasi yang terbakar menyebabkan terbukanya kondisi lahan. Sehingga lahan langsung terpapar matahari dan menurunkan fungsinya sebagai penyedia unsur hara bagi tumbuhan di atasnya untuk regenerasi hutan.

“Tingkat kebakaran yang besar juga berdampak hilangnya sumber biji yang diharapkan akan tumbuh kembali di musim hujan dan menjadi sumber pengkayaan keanekaragaman hayati di wilayah tersebut,” ujarnya.

Diungkapkan, setelah 2 sampai 3 tahun pasca karhutla, maka jenis paku-pakuan serta tumbuhan pionir lainnya mulai muncul di beberapa titik lokasi karhutla. Tumbuhan tersebut di antaranya, tumih (Combretocarpus rotundatus) dan gerunggang (Cratoxylum arborescens).

“Jenis tersebut merupakan jenis tanaman asli rawa gambut tergenang sampai cenderung kering dan berpasir kuarsa,” imbuh Joeni.

Dari catatan LIPI ada 9.956 jenis tumbuhan di Kalimantan dan jumlah endemik atau khas daerah itu mencapai 3.936. Sedangkan di Sumatra ada 8.931 jenis tumbuhan, dengan jumlah tumbuhan endemik 1.891.

Nilai total jenis tumbuhan di kedua pulau tersebut berkisar 43 sampai 53 persen dari total jenis tumbuhan yang tercatat di Indonesia. Sedangkan jumlah total fauna yang tercatat di Kalimantan sebesar 7.683 spesies dan di Sumatera sebanyak 4.546 spesies. (red)

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password