Inilah 3 Strategi Atasi Kemancetan di Jalur Puncak Ala Bupati Bogor

Bupati Bogor, Jawa Barat, Ade Yasin membentuk program 'Save Puncak' sebagai bentuk penanganan kemacetan di kawasan Puncak, Kabupaten Bogor yang kerap dipadati hingga 19.000 kendaraan setiap akhir pekan. (kabarjitu/ist)

 

BOGOR (kabarjitu): Bupati Bogor Ade Yasin membeberkan 3 jurus jitu untuk mengurai kemacetan di kawasan jalur Puncak, Kabupaten Bogor, Jawa Barat. Tiga solusi tersebut dikemas dalam program Save Puncak, berisi solusi jangka pendek, menengah dan jangka panjang.

Ade Yasin mengatakan, 3 solusi itu merupakan hasil koordinasi antara Pemerintah Kabupaten Bogor dengan Badan Pengelola Transportasi Jabodetabek (BPTJ), Kepolisian, Perhimpunan Hotel dan Restoran Indonesia (PHRI), serta elemen masyarakat di Kawasan Puncak.

“Ketiga solusi itu sesuai dengan aspirasi yang disampaikan oleh masyarakat setempat untuk mengatasi kemacetan di daerah Puncak,” ujarnya di Bogor, Jawa Barat, Minggu (06/10/2019).

Dia menjelaskan, solusi jangka pendek antara lain, menyosialisasikan jalur alternatif dari pintu keluar Cibubur. Pihaknya juga akan mengkaji sistem one way (buka-tutup) yang sudah digunakan sejak 32 tahun lalu, dengan memberlakukan sistem 2-1. Sistem itu akan mulai diuji cobakan pada Minggu 27 Oktober 2019 mendatang.

“Sistem 2-1 adalah pemberlakuan 2 lajur untuk arah Gadog menuju Taman Safari dan satu lajur menuju Gadog. Itu diberlakukan bergantian di kedua arah. Sehingga arus kendaraan naik dan turun terus berlaku sepanjang weekend,” paparnya.

Sedangkan, lanjutnya, untuk solusi jangka menengah, berupa penyediaan jalur alternatif Poros Tengah Timur atau biasa disebut Jalur Puncak II. Maka, akan ada jalur menuju kawasan Puncak dari pintu tol keluar Sentul. Selain itu, pembatasan mobil melalui sistem ganjil genap dan skema optimasi pembagian lajur.

“Terakhir, solusi jangka panjang, yaitu membangun kereta ringan atau membuat kereta gantung di kawasan jalur Puncak,” tutupnya. (red)

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password