Industri Kepala Sawit Indonesia Masih Hadapi Banyak Tantangan

Dirjen Perkebunan Kementan Kasdi Subagyono saat menjelaskan tentang perkembangan industri kelapa sawit di Indonesia. (kabarjitu/eva)

 

JAKARTA (kabarjitu): Indonesia merupakan negara penghasil sawit terbesar di dunia. Produksi minyak kelapa sawit per tahun sekitar 46 juta ton. Sayangnya, industri kelapa sawit di Indonesia hingga saat ini masih terus menghadapi sejumlah tantangan.

Dirjen Perkebunan Kementerian Pertanian (Kementan) Kasdi Subagyono mengakui, kelapa sawit Indonesia menghadapi larangan dari Uni Eropa (UE) dan kampanye negatif dari serangkaian lembaga swadaya masyarakat (LSM). Selain itu, Indonesia pun dituding sebagai negara dengan tingkat deforestasi tertinggi untuk kebutuhan lahan perkebunan kelapa sawit.

“Pelaku industri sawit di Indonesia tidak perlu khawatir dengan banyaknya tantangan tersebut. Sebab itu terjadi hanya kepentingan persaingan dagang..Apalagi larangan di Uni Eropa itu belum secara total, kita masih ada ekspor kesana. Selain itu kita juga berupaya mencari pasar ekspor yang lain, misalnya Argentina,” kata Kasdi kepada kabarjitu.com di Kantor Kementan, Jakarta, Sabtu (12/10/2019).

Dia menjelaskan, pihaknya hingga kini masih berupaya memfasilitasi pengembangan industri sawit, terutama pasar ekspor. Meski ada larangan dari UE, tapi industri di Eropa masih akan sangat bergantung kepada sawit Indonesia. Karena CPO asal Indonesia lebih efisien ketimbang minyak nabati yang lainnya.

Secara terpisah, Direktur Pengamanan Perdagangan Kementerian Perdagangan (Kemendag), Pradnyawati menyatakan, langkah Eropa tersebut sebagai strategi yang terstruktur, sistematis dan masif dalam menolak produk CPO dari Indonesia.

“Mereka tidak mau minyak nabati mereka yang dihasilkan di Eropa itu tersaingi minyak nabati dari Asia. Minyak sawit itu sangat efektif dari segala parameter, kita lebih kompetitif dibandingkan minyak bunga matahari, kedelai. Itu lah kenapa kita diserang,” ujarnya. (eva)

 

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password