Serunya Ajang Peluncuran Roket Air Regional 2019

Kegiatan peluncuran roket air di Kompetisi Roket Air Regional (KRAR) Jabodetabek dan Cilegon, 2019. (kabarjitu/eva)

 

JAKARTA (kabarjitu): Kompetisi Roket Air Regional (KRAR) Jabodetabek dan Cilegon sudah berakhir. Pada hari kedua pelaksanaan peluncuran roket air, Minggu (08/09/2019), berlangsunv seru. Dari 404 peaerta, kompetisi kali ini. hasil menjaring 6 pemenang. Mereka akan diadu kembali dalam ajang Kompetisi Roket Air Nasional (KRAN) 2019.

Direktur Pusat Peragaan Ilmu Pengietahuan dan Teknologi (PP-Iptek) Kemenristekdikti, M. Syachrial Annas mengatakan, pemenang dinilai berdasarkan pada skor terbaik dari 2 kali peluncuran yang merupakan jarak terpendek jatuhnya roket terhadap titik pusat target. Jarak terdekat berada di titik 0,09 meter dan terjauh 1,90 meter.

“Targetnya adalah lingkaran merah yang berjarak sekitar 50 meter dari titik peluncuran roket air. Semakin dekat roket air jatuh dari lingkaran merah, maka nilainya semakin besar. Tapi sayang banyak roket air peserta yang jatuh jauh dari titik sasaran,” kata usai penutup kompetisi tersebut di PP Iptek, TMII, Jakarta, Minggu (08/09/2019).

Dia menjelaskan, konsep peluncuran roket air menggunakan teori fisika, khususnya rumus Hukum Newton. Pada dasarnya, konsep dan praktik roket air ini sudah diajarkan di sekolah. Sehingga saat workshop pembuatan roket air sudah banyak peserta yang tidak mengalami hambatan dalam membuat roket.

“Dalam workshop yang berdurasi sekitar 45 menit itu, peserta sudah bisa merakit roket air dari bahan botol plastik yang dilengkapi dengan sirip roket yang terbuat dari bahan infraboard tebal yang dipotong dan dibentuk seperti sirip roket pesawat ulang alik yang bentuknya sudah ditentukan oleh panitia,” paparnya.

Dia menambahkan, lomba roket air digelar untuk mengakomodasi ketertarikan siswa terhadap sains. Selain itu diharapkan menumbuhkan ketertarikan anak-anak kepada teknologi kedirgantaraan dan antariksa. (eva)

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password