Satgas 115 Harus Bisa Berantas Ilegal Fishing di Pemerintahan Baru

Menteri Kelautan dan Perikanan Susi Pudjiastuti bersama instansi terkait usai membuka Rakornas Satgas 115 . (kabarjitu/eva)

 

JAKARTA (kabarjitu): Menteri Kelautan dan Perikanan Susi Pudjiastuti menginginkan satuan tugas (satgas) 115 yang bertugas menjaga kedaulatan laut Indonesia tetap ada di masa pemerintahan mendatang. Satgas 115 merupakan badan yang dibentuk untuk memberantas penangkapan ikan secara ilegal (illegal fishing).

Demikian dikatakan Susi kepada kabarjitu.con, usai membuka Rapat Koordinasi Nasional (Rakornas) Satgas Pemberantasan Penangkapan Ikan Secara Ilegal di Kantor Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) di Jakarta, Selasa (17/09/2019).

“Rakornas ini mungkin menjadi yang terakhir saya hadiri dalam pemerintah saat ini. Tapi, saya ingin keberlanjutan produktivitas perikanan Indonesia tetap berjalan. Karena itu saya ingin Satgas 115 ini tetap ada usai pelantikan Presiden Jokowi untuk periode kedua pada 20 Oktober 2019,” ujarnya.

Susi menjelaskan, pertama kali Satgas 115 dibentuk 4 tahun lalu oleh Presiden Joko Widodo. Pembentukan Satgas ini dilakukan karena maraknya pencurian ikan oleh kapal asing di laut Indonesia. Apalagi, dirinya saat itu belum lama menjabat sebagai Menteri KKP.

“Dalam Satgas 115 terdiri atas beberapa lembaga mulai dari KKP sebagai kementerian, kepolisian RI yang diwakili polisi air, Badan Keamanan Laut, TNI Angkatan Laut, hingga Kejaksaan Agung,” paparnya.

Susi melihat dengan ketegasan dari Satgas 115 ini banyak manfaatnya mulai dari tangkapan nelayan meningkat, kesejahteraan hidup mereka pun naik. Karena itu, keberadaan Satgas 115 ini sangat penting dan efektif untuk menjadi harga diri kedaulatan laut Indonesia.

“Hal ini terbukti selama 4 tahun belakangan, banyak kapal-kapal asing yang mencuri ikan di laut Indonesia tertangkap dan ditenggelamkan. Makanya, saya ingin Satgas ini bisa terus ada di periode mendatang untuk koordinasi dan sinergi antar instansi penegak hukum dan pemerintah untuk jadi satu jaga kedaulatan sumber daya laut Indonesia,” ucapnya. (eva)

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password