Presiden Ke-3 RI, BJ Habibie Wafat

Presiden ke-3 RI, BJ. Habibie. (kabarjitu/red)

 

JAKARTA (kabarjitu): Innalillahi Wa Innailaihi Rojiun. Indonesia kembali berduka. Kabar duka datang dari Bacharuddin Jusuf Habibie (BJ Habibie). Presiden ke-3 Republik Indonesia ini meninggal dalam usia 83 tahun. Habibie meninggal di RSPAD Gatot Soebroto, Jakarta, Rabu (11/09/2019), pukul 18.05 WIB. Kabar tersebut disampaikan anak BJ Habibie, Thareq Kemal Habibie. 

Thareq mengatakan, tim dokter sudah berbuat yang terbaik. Habibie meninggal karena gagal jantung. Sebelumnya, Habibie sempat dirawat di Jerman setelah mengalami kebocoran klep jantung. “Pihak keluarga pun mendampingi saat detik-detik ayah mengembuskan napas terakhirnya. Saat ini keluarga masih berkumpul di rumah sakit,” katanya.

Anak kedua BJ Habibie ini menyatakan bahwa faktor usia yang sudah tua menjadi penyebab sang ayah meninggal dunia. “Alasan sudah menua, gagal jantung, yang mengakibatkan organ-organ itu degenerasi, melemah tidak kuat lagi. Akhirnya jantungnya melemah dengan sendirinya,” ujar Thareq.

Menurutnya, Habibie akan dimakamkan di Taman Makam Pahlawan (TMP) Kalibata, Jakarta, Kamis 12 September 2019. Beliau akan dikebumikan di samping makam almarhumah ibu Ainun Habibie. Upacara pemakaman akan dipimpin Presiden Joko Widodo (Jokowi).

Sementara, Ketua Tim Dokter Kepresidenan (TDK) Azis Rani menyebut bahwa Habibie masuk RSPAD sejak 1 September 2019. Ia ditangani tim dokter spesialis dengan berbagai bidang keahlian, seperti jantung, penyakit dalam, dan ginjal.

“Dalam perawatan sekarang diperlukan pengobatan yang komprehensif, mencakup berbagai gangguan organ yang terjadi,” ujarnya.

BJ Habibie yang lahir di Parepare, Sulawesi Selatan, 25 Juni 1936 tutup usia setelah berjuang melawan penyakit yang jantung dideritanya. Kondisinya naik turun. Namun, Sang Khalik memanggil Habibie.

Selamat jalan, Pak Habibie.

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password