Posisi Indonesia di Peringkat Pariwisata Dunia Naik

Menteri Pariwisata, Arief Yahya. (kabarjitu/red)

 

JAKARTA (kabarjitu): Kini, posisi pariwisata Indonesia di peringkat dunia mengalami kenaikan 2 peringkat. Setelah sebelumnya berada di posisi ke-42, kini menjadi ke-40 dari 140 negara. Hal itu terungkap dari Indeks daya saing pariwisata Indonesia versi World Economic Forum (WEF) dalam kategori Travel and Tourism Competitiveness Index (TTCI) pada 2019.

“Kenaikan ini menjadi berkesan, mengingat persaingan pariwisata global sangat ketat. Apalagi, indikator penilaiannya bukan kaleng-kaleng, data pertimbangan TTCI diambil dari berbagai sumber, seperti Antar United Nation World Tourism Organization (UNWTO),” kata Menteri Pariwisata, Arief Yahya di Jakarta, Rabu (11/09/2019).

Menurutnya, peringkat pariwisata Indonesia di dunia terus mengalami peningkatan. Setelah tahun 2013-2014 pariwisata Indonesia berada diperingkat 70 dunia. Lalu, naik ke posisi 50 pada 2015 dan naik lagi peringkat 42 pada 2017. Tahun ini  ke-40.

“Untuk kawasan Asean dalam peringkat baru tersebut, Singapura turun 5 peringkat menjadi posisi ke-17 dunia. Malaysia juga turun 3 peringkat menjadi ke-26. Sedangkan, Thailand naik 3 tingkat menjadi 31 dan Vietnam naik 4 peringkat menjadi 63,” paparnya.

Dia menjelaskan, pencapaian itu dilakukan dengan kerja keras dan dedikasi tinggi. Di antaranya, dengan menimba ilmu dari sejumlah negara maju dan membangun sumber daya manusia (SDM) melalui 6 kampus pariwisata yang dikelola Kementerian Pariwisata (Kemenpar).

“Lulusannya keenam kampus tersebut langsung terserap pasar, bahkan 30 persen di antaranya bekerja di sektor pariwisata luar negeri. Seluruhnya dibekali Curricullum, Center of Excellent, Certification (3C) standar dunia bekerjasama dengan UNWTO,” ulasnya.

Ke depan, pihaknya berharap, melalui ragam upaya ini dapat membuat Indonesia berada diposisi 30 besar dunia. “Kami akan terus berusaha membuat semua pilar berjalan semakin baik,” tutupnya.

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password