Pemerintah Tolak Tutup BPJS Kesehatan Dari Dana Transper Daerah

Suasana mengurus BPJS Kesehatan. (kabarjitu/red)

 

JAKARTA (kabarjitu): Badan Anggaran (Banggar) DPR RI mengusulkan kepada pemerintah agar dana transfer daerah sebesar Rp785 triliun dipotong 1 persen. Hal itu dilakukan untuk menutup defisit Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Kesehatan mencapai Rp32,8 triliun hingga akhir 2019. Namun, usulan tersebut ditolak.

“Usulan itu perlu dilakukan agar pemerintah daerah juga memiliki tanggung jawab atas bengkaknya klaim BPJS Kesehatan,” kata Wakil Ketua Banggar DPR Said Abdullah, saat rapat dengan pemerintah terkait dengan alokasi dana transfer daerah dan dana desa di Ruang Banggar DPR, Jakarta, Rabu (11/09/2019).

Menanggapi hal itu, Dirjen Perimbangan Keuangan Kementerian Keuangan (Kemenkeu) Astera Primanto Bhakti mengungkapkan, usulan tersebut tidak dapat diterima. Karena dana transfer ke daerah tidak bisa langsung dialokasikan untuk menutupi defisit. Apalagi, sudah ada alokasi khusus bagi BPJS Kesehatan.  untuk membayar Penerima Bantuan Iuran (PBI) daerah melalui APBD.

“Kami tidak setuju, bukan tanpa alasan. Karena, sudah ada porsi dan jalur anggaran daerah untuk membayar BPJS Kesehatan. Jadi tanpa kami menyebutkan Transfer Ke Daerah dan Dana Desa (TKDD), sebenarnnya daerah tetap terlibat. Hitungan setiap daerah disesuaikan dengan Jaminan Kesehatan Daerah,” ujarnya di Jakarta, Kamis (12/09/2019).

Dia menjelaskan, anggaran BPJS Kesehatan tahun 2020 sekitar Rp9,6 triliun. Karena ada penyesuaian, maka ada penambahan dari APBD secarq langsung, maka dana itu menjadi Rp17,6 triliun. Dana itu bisa digunakan untuk PBI sebanyak 35 juta peserta.

“Setiap kebutuhan anggaran sudah ada alokasinya tanpa harus memotong dana anggaran lainnya. Sebenarnya peran daerah untuk menangani defisit BPJS Kesehatan sudah ada, selain melalui PBI, daerah juga membantu dengan Dana Bagi Hasil (DBH) cukai rokok atau cukai hasil tembakau (CHT),” tegasnya.

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password