Pemerintah Akan Bangun Istana Presiden di Papua Tahun Depan

Presiden Jokowi saat menerima 61 tokoh Papua di Istana Merdeka. (kabarjitu/ist)

 

JAKARTA (kabarjitu): Pemerintah akan membangun istana Presiden di Jayapura, ibu kota Papua, mulai tahun depan. Sehingga perjalanan Presiden ke Papua bukan hanya berkunjung, tapi juga berkantor. Hal tersebut disampaikan Presiden Joko Widodo (Jokowi) saat menerima 61 tokoh Papua di Istana Merdeka, Jakarta, Selasa (10/09/2019).

“Sebelum keputusan tersebut dibuat, sebenarnya, Indonesia sendiri sudah memiliki 6 Istana Presiden yang tersebar di beberapa daerah. Di antaranya Istana Negara, Istana Merdeka, Istana Cipanas, Istana Bogor, Istana Yogyakarta dan Istana Tapak Siring,” papar Jokowi.

Dia menjelaskan, pembangunan istana itu terkuak saat perwakilan tokoh Papua yang juga Ketua DPRD Jayapura Abisai Rollo menyampaikan permintaan agar pemerintah membangun Istana Presiden di Papua. Dengan begitu, saat mengunjungi Papua, Presiden bisa  sekaligus berkantor di Jayapura.

“Para tokoh Papua mengajukan 10 aspirasi kepada pemerintah pusat untuk mengatasi permasalahan yang ada di Papua selama ini. Salah satu aspirasi tersebut adalah tuntutan untuk membangun Istana Presiden di ibu kota Papua,” ulasnya.

Dia mengaku, menyambut baik dan langsung menyetujui usulan pembangunan itu. Tapi sebelumnya, pihaknya bisik-bisik dulu dengan para menteri supaya keputusannya tidak keliru. “Saya pastikan permintaan untuk membangun Istana di Jayapura dapat dipenuhi mulai tahun depan,” tegasnya.

Sementara itu, Abisai Rollo menyatakan, pemerintah tidak perlu khawatir mengenai ketersediaan lahan. Sebab, pihaknya sudah siap menyumbangkan lahannya seluas 10 hektar untuk membangun Istana di Jayapura. Lahan tersebut akan diberikan secara gratis.

“Keinginan kami terkait keberadaan istana di Papua adalah karena akan dibangunnya sebuah istana kepresidenan baru di Kalimantan menyusul rencana pindah ibu kota beberapa tahun mendatang,” tutupnya.

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password