Kementan Kembali Lepas Ekspor Sayuran ke Singapura

Kepala Barantan Ali Jamil didampangi instansi terkait saat inspeksi pemuatan ekspor produk pertanian di Bandara Soeta. (kabarjitu/ist)

 

TANGERANG (kabarjitu): Pasar produk hortikultura, berupa sayuran dan buah-buahan, terbuka luas di Singapura. Terbukti, sayuran dan buah dari Kabupaten Bandung dan Bandung Barat, Jawa Barat hampir setiap hari dikirim ke Singapura. Pengiriman dilakukan melalui Bandar Udara Soekarno Hatta (Bandara Soeta) Tangerang.

“Ada 2 eksportir yang memasok sayur dan buah. Hampir setiap hari pengiriman sebanyak 1 ton berbagai jenis sayuran. Sedangkan untuk buah, dikirim 3 hingga 4 kali dalam seminggu,” kata Asisten Manager PT Gapura Angkasa, Sigit Budi, saat inspeksi Badan Karantina Pertanian (Barantan) terhadap pemuatan ekspor produk pertanian di Bandara Soeta, Tangerang, Jumat (06/09/2019).

Sementara itu, Kepala Barantan Ali Jamil menyatakan, untuk memastikan sayuran dan buah yang akan diekspor itu tetap sehat dan segar, pihaknya memberikan perlakuan khusus sehingga produk pertanian asal Indonesia memiliki daya saing.

“Kami menyiapkan pemeriksaan di gudang pemilik dan pengawasan di kargo. Kegiatan ekspor ini akan terus dijaga dan ditingkatkan kualitas, kuantitas dan kontuinitas. Sehingga produk pertanian Indonesia makin diakui dan diterima di luar negeri,” tegasnya

Ditambahkan, selain melalui Bandara Soeta, pengiriman produk hortikultura juga dapat dikirim melalui Pelabuhan Laut Tanjung Priok. Pengiriman barang tersebut disesuaikan dengan tingkat ketahanan masing-masing komoditas yang diekspor.

“Adapun jenis produk pertanian yang sering dikirim ke luar negeri, yaitu selada air, jamur, buncis, lobak, bit, labu siam, waluh lokal dan kentang,” ulasnya.

Pada saat yang sama, Jamil juga melepas ekspor beberapa produk pertanian lainnya, di antaranya buah mangga sebanyak 1,6 ton ke Singapura dan Oman. Selain itu, berbagai bibit tanaman hias sebanyak 141,3 ribu batang ke Belanda dan sarang burung walet sebanyak 51,5 kg. Total nilai ekspor kali ini Rp2,2 miliar.  (eva)

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password