Jokowi Sudah Kehabisan Cara Memadamkan Karhutla di Riau

Kabut asap di Riau semakin sangat pekat. Sehingga status asap karhutla di provinsi itu sudah siaga darurat. (kabarjitu/red)

 

PEKANBARU (kabarjitu): Pemerintah sepertinya sudah kehabisan cara untuk memadamkan kebakaran hutan dan lahan (karhutla) di Provinsi Riau. Sehingga wilayah itu saat ini diselimuti kabur asap yang sangat pekat. Padahal pemerintah pusat dan pemerintah daerah memiliki perangkat untuk memaksimalkan pencegahan karhutla. Tapi perangkat ini tidak diaktifkan secara baik

Presiden Joko Widodo (Jokowi) menyatakan, segala upaya dilakukan pemerintah untuk menangani karhutla yang terjadi di Provinsi Riau, baik di darat sudah dilakukan semua. Salah satunya penambahan pasukan. Bahkan, saat ini status asap karhutla di provinsi itu sudah siaga darurat.

“Petugas juga terus melakukan water bombing di lokasi karhutla. Setidaknya, ada 52 pesawat dikerahkan untuk melakukan pemadaman. Tapi upaya maksimal  untuk memadamkan api yang terlanjur membesar dan meluas itu sepertinya sia-sia,” kata Jokowi saat akan meninjau lokasi karhutla di Pangkalan TNI AU Roesmin Nurjadin, Kota Pekanbaru, Riau, Selasa (17/09/2019).

Jokowi kembali menegaskan bahwa langkah terbaik ialah dengan melakukan pencegahan agar titik api tidak semakin membesar. Dia juga mengimbau seluruh pihak untuk tidak melakukan pembakaran lahan gambut maupun hutan yang dapat menyebabkan bencana karhutla semakin meluas.

“Saya sudah menginstruksikan diambilnya tindakan tegas bagi para pelaku pembakaran, baik dari kalangan korporasi maupun individu. Bahkan, upaya hukum juga sudah kita lakukan, baik yang perorangan maupun korporasi. Semuanya sudah ada tindakan tegas pungkasnya. (*/red)

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password