Belum Penuhi Syarat Ekspor, SBW Kaltim Dilalulintaskan Domestik

Kepala Barantan, Ali Jamil bersama instansi terkait melepas ekspor perdana cangkang sawit sebanyak 10 ribu ton ke Jepang. (kabarjitu/ist)

 

PASER (kabarjitu): Potensi sarang burung walet (SBW) asal Kalimantan Timur (Kaltim) sangat besar. Terbukti, selama Januari hingga Agustus 2019 sebanyak 129 ton SBW ini dikirim ke luar negeri. Namun karena belum memenuhi persyaratan ekspor, maka SBW Kaltim masih dilalulintaskan secara domestik.

Kepala Badan Karantina Pertanian (Barantan), Ali Jamil, mengatakan, saat ini penjualan SBW asal Kaltim dikirim Semarang, Surabaya, Tangerang, Jakarta, Medan, Palembang, Pontianak, Banjarmasin, Batam, Yogyakarta, Bali, Tarakan, Lampung, Palangkaraya dan Makassar. SBW ini kemudian diolah untuk seterusnya diekspor ke luar negeri.

“Pengiriman domestik dilakukan karena pelaku usaha SBW di Kaltim belum mendapatkan hasil yang maksimal dari usaha agribisnis ini. Harganya pasti jauh sekali dibandingkan dapat langsung ekspor,” katanya saat melepas ekspor perdana cangkang sawit sebanyak 10 ribu ton ke Jepang, di Paser, Kaltim, Rabu (04/09/2019).

Pada kesempatan yang sama, Kepala Karantina Pertanian Balikpapan, Abdul Rahman menjelaskan untuk memasuki pasar ekspor SBW, khususnya, Cina harus memiliki sertifikat dari Badan Sertifikasi dan Adminitrasi Akreditasi Cina (CNCA).

Selain itu, lanjutnya, pihaknya juga harus memenuhi 3 syarat utama. Yakni memiliki dokumen ketelusuran, kandungan nitrit < 30 ppm dan harus melalui proses pemanasan 70 derajat celcius selama 3,5 detik.

“Jika persyaratan teknis itu sudah dipenuhi, maka dapat dipastikan produk SBW Kaltim bisa diterima di pasar ekspor negara lain seperti USA, Hongkong, Korsel dan lainnya yang lebih longgar dari aturan Cina,” paparnya.

Dia menjelaskan, pendampingan pemenuhan persyaratan teknis ekspor dari Barantan menjadi sangat penting, terlebih tiap produk dan tujuan negara miliki protokol atau persyaratan ekspor masing-masing. (eva)

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password