Warganet Harus Miliki Kecakapan Digital

Pengguna internet dituntut memiliki DQ setelah IQ dan EQ. (kabarjitu/ist)

 

JAKARTA (kabarjitu): Kedatangan internet di era digital saat ini membuat orang menjadi lebih mudah berinteraksi dengan sesama. Cukup menggunakan media sosial  dapat saling terhubung satu sama lain.

Oleh sebab itu, Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) mengingatkan agar warganet tak hanya mengandalkan kecerdasan intelektual (IQ) saja untuk berinteraksi di internet, tapi juga harus memiliki kecakapan digital (DQ) supaya mendapat efek positif dan terhindar dari hal negatif.

“DQ dapat membuat pengguna siap berinteraksi di media sosial. Dengan DQ akan membuat penggunanya semakin baik,” kata Staf Ahli Kemenenterian Kominfo Bidang Kebijakan Digital, Dedy Permadi, di sela-sela acara #Jagaprivasimu di Jakarta Pusat, Selasa (20/08/2019).

Menurutnya, ada 4 hal yang harus dikuasai dalam memenuhi DQ, yaitu digital safety, digital use, digital identity, dan digital rights. Ke-4 hal itu juga sangat terkait dengan privasi. Selain itu, ada beberapa area penting yang juga dapat memperkuat DQ, yaitu knowledge, skill, value dan attitude di dunia digital.

Tentang digital safety, menurut Dedy, pengguna harus sadar terhadap keamanan saat berselancar di dunia maya. Sementara digital use adalah pemahaman pengguna saat menggunakan serangkaian instrumen digital.

“Kemudian digital identity menurut Dedy adalah kesadaran pengguna dalam menjaga jejak digital agar tetap bersih. Sedangkan digital rights adalah pemahaman pengguna internet akan hak hak yang dimiliki ketika berada di dunia maya,” urainya. 

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password