Upacara HUT RI di Tengah Laut Pecahkan MURl

Penghargaan MURI untuk upacara di tengah laut yang diikuti oleh 74 kapal ikan berukuran 30 GT. (kabarjitu/eva)

 

JAKARTA (kabarjitu): Ada yang unik dan menarik pada upacara peringatan Hari Kemerdekaan Republik Indonesia (RI) di Jakarta tahun ini. Nelayan Muara Baru, Jakarta Utara mengikuti upacara bendera hari kemerdekaan Indonesia ke-74, Sabtu (17/08/2019).

Mereka memberikam hormat kepada bendera Merah Putih di tengah perairan Teluk Jakarta. Kegiatan ini berhasil dibukukan dalam Museum Rekor Indonesia (MURI) untuk upacara di laut yang diikuti oleh 74 kapal ikan berukuran 30 GT.

Direktur Polisi Perairan, Brigjen Pol Latief mengatakan, kegiatan kali ini diikuti 74 kapal penangkap ikan dari Pelabuhan Perikanan Samudera Nizam Zachman (PPSNZ) Jakarta bersama-sama kapal pengawas perikanan Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP), kapal polisi Polair, TNI AL, Bakamla, Bea Cukai, KPLP dan Basarnas.

“Upacara di tengah laut ternyata tidak mudah, terutama ketika harus mensejajarkan perahu peserta dan memposisikan perahu komandan upacara karena terpengaruh gelombang dan angin,” katanya kepada kabarjitu.com usai menjadi bertindak sebagai inspektur upacara.

Pada kesempatan yang sama, Plt. Dirjen Pengawasan Sumber Daya Kelautan dan Perikanan (PSDKP) Agus Suherman mengaku bangga bisa terlibat dalam upacara besar ini. Apalagi, upacara peringatan kemerdekaan kali ini terbilang unik karena diselenggarakan di tengah laut bersama nelayan sebagai pesertanya.

“Ini merupakan upacara besar di tengah laut dan banyak melibatkan nelayan. Menariknya lagi, ratusan nelayqn begitu antusias mengikuti kegiatan ini. Upacara ini digelar sekaligus menunjukan harmonisasi yang baik antara nelayan dan penegak hukum. Sehingga sumber daya perikanan bisa dimanfaatkan dengan baik,” pungkasnya. (eva)

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password