Terjadi Penyelewengan, Solar Bersubsidi Dibatasi

Konferensi Pers Pengendalian Kuota Jenis BBM Tertentu (JBT) Tahun 2019. (kabarjitu/eva)

 

JAKARTA (kabarjitu): Badan Pengatur Kegiatan Hilir Minyak dan Gas Bumi (BPH Migas) sejak 1 Agustus 2019 melakukan pengendalian konsumsi Bahan Bakar Minyak (BBM) Tertentu (JBT), yaitu solar bersubsidi. Pengendalian dilakukan, diduga ada ketidakpatuhan dalam penyaluran JBT kepada konsumen pengguna. Sehingga diprediksi pada tahun 2019 akan over kuota antara 0,8-1,4 juta kiloliter (kl).

“Kebijakan pengendalian konsumsi solar subsidi ini memang sudah berlaku sejak 1 Agustus 2019, namun saat ini masih disosialisasikan sampai Oktober 2019,” kata Kepala BPH Migas Franshurullah Asa kepada kabarjitu.com usai Konferensi Pers Pengendalian Kuota JBT Tahun 2019, di Kantor BPH Migas, Jakarta, Rabu (21/08/2019).

Dia menjelaskan, berdasarkan Nota Keuangan Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN) 2019, kuota BBM bersubsidi (JBT), khususnya solar ditetapkan sebesar 14,5 juta kl. Jumlah tersebut lebih rendah dibandingkan kuota di 2018 sebesar 15,62 juta kl.

“Karena dari hasil verifikasi yang dilakukan, realisasi volume JBT, solar bersubsidi sampai Juli 2019 sudah mencapai 9,04 juta kl. Maka, hingga akhir tahun 2019 konsumsi JBT solar bersubsidi itu diperkirakan mencapai 15,31-15,94 juta kl. Kami pun sepakat untuk melakukan pengendalian,” paparnya.

Menurutnya, pengendalian itu dilakukan berdasarkan hasil pengawasan yang diduga terjadi penyelewengan konsumsi JBT solar bersubsidi oleh industri tambang dan perkebunan. Sehingga pihaknya melarang kendaraan bermotor pengangkutan ‎perkebunan, kehutanan, dan pertambangan mengkonsumsi solar bersubsidi.

X“Selain itu, kendaraa bermotor milik pemerintah juga tidak boleh. Untuk mengantisipasi antrian, kami mengatur batas maksimal pembelian solar bersubsidi sebanyak 30 liter per hari untuk kendaraan angkutan barang, 60 liter per hari untuk kendaraan roda 6 dan 20 liter per hari untuk iakendaraan pribadi,” tegasnya. (eva)

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password