SIM Bakal Jadi Uang Elektronik

Kartu Smart SIM juga sebagai uang elektronik yang akan diluncurkan. (kabarjitu/ist)

 

JAKARTA (kabarjitu): Sebentar lagi, Surat Izin Mengemudi (SIM) bakal bisa dipakai sebagai uang elektronik. SIM tersebut bisa diisi uang maksimal hingga Rp2 juta. Kepolisian Republik Indonesia (Polri) bekerja sama dengan 4 bank untuk mewujudkan hal tersebut.

“Kami telah melakukan soft launching Smart SIM di kantor pelayanan satuan penyelenggara administrasi (Satpas). Sedangkan, Grand launching akan dilakukan pada 22 September 2019, bertepatan Hari Lalu Lintas Bhayangkara,” kata Kepala Korps Lalu Lintas (Kakorlantas) Polri Irjen Refdi Andri kepada wartawan, di Jakarta, Kamis (22/08/2019).

Dia menjelaskan, nantinya Smart SIM ini akan memiliki fitur uang elektronik berbasis kartu di dalamnya. Selain itu, Smart SIM juga memiliki fungsi sebagai alat pembayaran bagi para pengendara. Pihaknya sudah bekerjasama dengan beberapa bank untuk melakukan pengembangan Smart SIM.

“SIM ini masih dalam tahap ujicoba. Jika sudah diluncurkan, Smart SIM ini baru bisa berfungsi secara maksimal dan bisa untuk melakukan transaksi apapun,” ujar Refdi.

Nantinya, lanjut dia, pihaknya akan menanam chip dengan kapasitas tertentu pada Smart SIM tersebut untuk keperluan data. Isinya mulai dari nomor telepon orang terdekat hingga data forensik, sebagaimana data identitas kependudukan.

“Secara tampilan fisik, kartu Smart SIM tidak berbeda jauh dengan kartu SIM biasa. Smart SIM didominasi warna putih dan merah,” pungkasnya. (eva)

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password