Masjid Istiqlal Kembali Tak Bagikan Kupon Qurban

Sapi limosin Jokowi jadi hewan qurban pertama yang disembelih di Masjid Istiqlal, Jakarta. (kabarjitu/ist)

 

JAKARTA (kabarjitu): Tak seperti tahun-tahun sebelumnya, Idul Adha tahun 2019, Masjid Istiqlal kembali tak membagikan kupon hewan qurban. Hal itu sudah dilakukan sejak 5 tahun terakhir. Hewan qurban akan diantar langsung panitia kepada mereka yang berhak mendapatkannya di wilayah masing-masing yang sebelumnya sudah disurvei. 

Kepala Bagian Humas dan Protokol Masjid Istiqlal Abu Hurairah Abdul Salam mengatakan, pihaknya punya alasan sendiri untuk tidak membagikan kupon saat Idul Adha, karena tidak ingin kupon diterima oleh orang yang tidak membutuhkan. Selain itu juga, untuk menghindari anterian yang amat panjang. 

“Kami langsung menyerahkan hewan qurban itu ke lembaga-lembaga masjid dan mereka yang akan menyalurkannya kepada yang membutuhkan,” katanya di Jakarta, Minggu (11/08/2019). 

Diungkapkan, momen kali ini pihaknya  juga menggunakan besek bambu sebagai tempat daging qurban. Hal itu, sebagai anjuran dari Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan. Pihaknya pun memesan sekitar 6.000 besek dari Tasikmalaya, Jawa Barat. 

“Apabila jumlah daging qurban yang diperoleh lebih banyak dibandingkan besek, maka kami akan menggunakan plastik ramah lingkungan. Bahan bakunya juga terbuar dari bambu,” tegasnya. 

Dia menjelaskan, hewan qurban yang dipotong usai salat Idul Adha ini berjumlah 30 ekor sapi dan 10 ekor kambing. Di antaranya, Presiden Jokowi menyerahkan seekor sapi limosin seberat 1,7 ton dan Wakil Presiden Jusuf Kalla juga menyerahkan sapi jenis limosin seberat 1,2 ton. Masing- masing berusia 3,5 tahun. 

“Kami berharap, qurban tahun ini jumlah daging yang bisa dibagikan ke masyarakat tidak berkurang dari tahun sebelumnya. Tahun lalu, membagikan 6.000 kantong plastik kepada masyarakat. Setiap kantong plastik berisi 1 kg daging,” terangnya. 

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password