Lagi, Indonesia Ekspor Semangka Rote ke Timor Leste

Pemeriksaan Karantina Kupang sebagai persyaratan ekspor. (kabarjitu/ist)

 

JAKARTA (kabarjitu): Upaya Kementerian Pertanian (Kementan) dalam membangun pertanian di perbatasan, mulai membuahkan hasil. Salah satunya, dengan kegiatan ekspor sejumlah wilayah perbatasan ke negara tetangga. Pada Sabtu (17/08/2019), Badan Karantina Pertanian (Barantan) kembali menerima laporan pelepasan ekspor semangka sebanyak 2 ton ke Timor Leste.

“Voluma ekspor semangka Rote kini terus mengalami peningkatan. Kami akan terus gali potensi komoditas unggulan lainnya diperbatasan yang bisa di ekspor,”  kata Jamil di Kantor Kementan, Jakarta, Sabtu (17/08/2019).

Menurut Jamil, kegiatan ekspor buah hortikultura ini bukan yang pertama kalinya, karena hingga pertengahan tahun 2019 ini, terdapat 20,1 ton buah semangka asal Kabupaten Rote, Nusa Tenggara Timur yang telah dilalulintaskan ke Timor Leste. Namun, neraca dagang berjalan tahun 2019 untuk komoditas pertanian  ke negara itu masih negatif.

“Saat ini, jumlah ekspor aneka komoditas pertanian hanya 1,8 ribu ton dan sebaliknya jumlah komoditas yang masuk sebanyak 3,8 ribu ton. Sehingga masih perlu kita gali dan dorong bersama Pemda agar komoditas pertanian di wilayah batas negara bisa bertumbuh dan surplus,” tegasnya.

Dia menjelaskan, pemerintah telah menetapkan pembangunan wilayah perbatasan dan membangun Indonesia dari pinggiran. Hal itu dilakukan untuk memperkuat daerah dan desa dalam kerangka negara kesatuan. Salah satu sektor yang menjadi fokus pembangunan di wilayah perbatasan adalah sektor pertanian.

“Sektor ini dinilai dapat menghasilkan nilai tambah tinggi bagi masyarakat, berupa sistem pertanian modern terpadu dan berkelanjutan melalui pendekatan kawasan mulai terlihat. Buktinya kita mulai ekspor dan terus bertumbuh,” paparnya. (eva)

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password