Kementan Lepas Ekspor Produk Turunan Sawit Sumbar

Kepala Barantan, Ali Jamil, bersama instansi terkait melepas ekspor serentak 11 komoditas pertanian di Padang. (kabarjitu/ist)

 

PADANG (kabarjitu): Kementerian Pertanian (Kementan) melepas 22,8 ribu ton produk turunan sawit asal Sumatera Barat (Sumbar), Sabtu (24/08/2019). Produk tersebut berupa  minyak goreng sawit (RBD), sebanyak 4 ribu ton, minyak sawit mentah (CPO), sebanyak 7,8 ribu ton dengan tujuan China. Selain ifu, juga ada cangkang sawit yang diekspor ke Jepang sebanyak 11 ton.

“Untuk urusan ekspor, sesuai instruksi Menteri Pertanian harus diberikan layanan yang cepat, tepat dan sesuai persyaratan teknis negara tujuan,” kata Kepala Badan Karantina Pertanian (Barantan), Ali Jamil saat meninjau industri cangkang sawit di Padang, Sumbar, Sabtu (24/08/2019).

Jamil menjelaskan selaku fasilitator perdagangan produk pertanian, pihaknya menjadi penjamin kesehatan dan keamanan produk pertanian yang  dilalulintaskan ke negara mitra dagang.

“Pemeriksaan karantina dilakukan sesuai dengan standar internasional dan persyaratan tiap negara tujuan. Penguatan sistem perkarantinaan dilakukan tidak hanya untuk menjaga kelestarian SDA hayati, tapi juga untuk mendorong kinerja ekspor pertanian,” ungkapnya.

Sementara itu, Kepala Karantina Pertanian Padang, Eka Darnida Yanto, mengutarakan, selain produk turunan sawit. Kali ini, pihaknya juga mengekspor produk pertanian lain asal Sumbar. Total nilainya mencapai Rp212,8 milyar.

“Produk itu terdiri dari lempeng karet sebanyak 604,8 ton, biji kopi sebanyak 18 ton, kayu manis sebanyak 95 ton dan produk turunan kelapa yang terdiri dari santan 83,8 ton, kelapa parut 25 ton dan air kelapa sebanyak 71,2 ton. Adapun negara tujuan ekspor antara lain Belanda, Spanyol, Norwegia, China, Bangladesh dan Jerman,” jelasnya. (eva)

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password