Kementan Kembali Beri Penghargaan Kepada Pelaku Pembangunan Pertanian

Sekjen Kementan, Momon Rusmono memberikan apresiasi dan penghargaan kepada pelaku pembangunan pertanian. (kabarjitu/eva)

 

JAKARTA (kabarjitu): Kementerian Pertanian (Kementan) Kembali memberikan penghargaan kepada para pelaku pembangunan pertanian.  Penghargaan diberikan merupakan bentuk apresiasi dalam mendukung program-programnya guna mewujudkan lumbung pangan dunia tahun 2045. Tahun ini, ada 7 kategori penghargaan yang diberikan.

“Kategori itu adalah petani berprestasi. gapoktan berprestasi, kelembagaan ekonomo petani berprestasi, penyuluh pertanian teladan, pemimpinan penyuluhan berprestasi, pimpinan pusat pertanian dan pedesaan swadaya berprestasi serta dosen berprestasi,” kata Sekjen Kementerian Pertanian (Kementan), Momon Rusmono kepada kabarjitu.com di Kantor Kementan, Jakarta, Sabtu (17/08/2019).

Sementara itu, Kepala Badan Penyuluhan dan Pengembangan Sumber Daya Manusia Pertanian Dedi Nursyamsi, menambahkan, tahun ini sebanyak 30 orang dari 15 provinsi telah ditetapkan sebagai Teladan Nasional berdasarkan Keputusan Menteri Pertanian Nomor 557/KPTS/KP.590/M/8/2019 tanggal 13 Agustus 2019. Ada 5 kategori yang di ditetapkan oleh Menteri Pertanian. Sedangkan, 2 kategori lainnya ditetapkan melalui Keputusan Kepala Badan Penyuluhan dan Pengembangan SDM Pertanian.

“Pemberian penghargaan kepada pelaku pembangunan pertanian tersebut telah menjadi pola dalam pembinaan yang berkelanjutan. Apalagi, sektor pertanian mempunyai peranan yang strategis, selain sebagai penyedia pangan rakyat Indonesia juga berkontribusi nyata dalam penyediaan berbagai bahan baku, mulai industri hingga bio energi”, ujarnya.

Pihaknya berharap, Pemerintah Provinsi dan Kabupaten/Kota terus memberikan penghargaan ini secara berjenjang. Hal itu dilakukan untuk menjamin keberlanjutannya pembangunan pertanian.

“Kami akan terus memberi dukungan dan mengembangkan pola-pola pemberian penghargaan tersebut secara berjenjang dari tingkat kabupaten/kota sampai dengan provinsi. Ke depan perlu dilakukan evaluasi terhadap efektifitas pelaksanaan dan kemanfaatan penyelenggaraannya,” imbuhnya. (eva)

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password