Ini Arahan Mentan Amran Untuk Kebijakan Strategi

Menteri Pertanian Amran Sulaiman memberi keterangan pers usai memberikan arahan dalam Rakor DKP. (kabarjitu/eva)

 

JAKARTA (kabarjitu): Dewan Ketahanan Pangan (DKP) segera merumuskan Kebijakan Strategis Ketahanan Pangan dan Gizi (KSPG). Karena hal itu sebagai salah satu tugasnya membantu Presiden dalam merumuskan kebijakan. Apalagi, urgensinya masalah pangan, sehingga Pemerintah Indonesia membentuk Satgas Pangan.

“Kami meminta keberlanjutan tiga program untuk dimasukkan dalam konsep KSPG periode 2020-2024. Program tersebut adalah wet land (tanah basah), tadah hujan dan biofuel,” Menteri Pertanian Amran Sulaiman kepada kabarjitu.com usai memberikan arahan dalam Rapat Koordinasi (Rakor) DKP, kantor Kementerian Pertanian (Kementan), Selasa (13/08/2019).

Menurutnya, program pengembangan tanah basah merupakan upayanya dalam membangunkan raksasa yang selama ini tertidur. Upaya itu dinilai dapat mewujudkan Indonesia sebagai lumbung pangan dunia.

“Sepanjang 2019, kami menargetkan program optimasi lahan rawa atau kerap disebut Selamatkan Rawa Sejahterakan Petani (Serasi) dijalankan di 500 ribu hektare. Area seluas itu tersebar di 3 provinsi, yakni Kalimantan Selatan, Sulawesi Selatan dan Sumatera Selatan,” ucapnya.

Program berikutnya, lanjut Amran, optimalisasi lahan tadah hujan. Lahan ini dapat produktif apabila pengairannya memang memadai. Saat ini lahan tadah hujan di Indonesia mencapai 4 juta hektare. Dalam kurun waktu setahun, lahan tersebut dapat ditanami hingga 3 kali.

“Program berikutnya, penggunaan biodiesel berbasis kelapa sawit 100 persen atau B100. Program ini sejalan dengan upaya pemerintah untuk menggantikan penggunaan bahan bakar fosil menjadi bahan bakar ramah lingkungan,” ucapnya.

Oleh sebab itu, pihaknya mengajak para produsen traktor maupun peralatan pertanian untuk mulai menyiapkan produk dengan mesin diesel per tahun ini. Sebab, B100 diyakininya sebagai energi masa depan Indonesia. “Ini semua kebijakan strategis yang harus tetap ada di lima tahun ke depan,” ujarnya. (eva)

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password