260 Pelajar Indonesia Siap Melanjutkan Pendidikan di Belanda

Pre departure briefing 2019. (kabarjitu/eva)

 

JAKARTA (kabarjitu): Sebanyak 260 pelajar Indonesia bersiap untuk melanjutkan studi di sejumlah universitas di Belanda. Mereka siap terbang menuntut ilmu, setelah menghadiri pengarahan sebelum keberangkatan (Pre departure briefing). Acara tersebut digelar di Eramus Huis, Jakarta, Sabtu (04/08/2019).

“Sebelum berangkat ke Belanda, mereka diberi pengarahan dan pembekalan serta dukungan,” kata Direktur Nuffic Neso Indonesia, Peter van Tuijl kepada kabarjitu.com disela-sela acara tersebut. 

Menurutnya, dari 260 pelajar yang hadir di acara tersebut, sebanyak 59,2 persen dari jumlah pelajar akan melanjutkan program master (setara S2), sisanya 30 persen akan melanjutkan ke program Bachelor (setara S1), 1,8 persen akan melanjutkan PhD (setara S3), dan sekitar 9 persen akan mengambil kursus singkat di Belanda.

“Jika dilihat dari sumber pendanaan mereka, hampir 65 persen pelajar menggunakan dana sendiri dan sisanya dana beasiswa dari berbagai sumber dan lembaga,” paparnya. 

Dia menjelaskan, pada acara ini, para alumni juga hadir untuk membantu calon mahasiswa mempersiapkan diri menjalani masa studinya. Para alumni  berbagi pengalaman dan kesan mengenai tinggal dan studi di Belanda. Apalagi, Belanda merupakan salah satu negara dengan kualitas pendidikan yang diakui terbaik di dunia.

“Adapun hal yang disampaikan dan didiskusikan, di antaranya gegar budaya, bagaimana beradaptasi dengan proses belajar mengajar yang berbeda, berinteraksi dengan pengajar hingga mahasiswa internasional. Makanya, kualitas bahasa Inggris diutamakan,” ujarnya. 

Pada kesempatan ini, Peter juga memberikan ucapan selamat kepada seluruh pelajar yang akan berangkat ke Belanda. Pihaknya berharap pengalaman international yang didapatkan oleh para pelajar Indonesia di Belanda tidak hanyauntuk mengembangkan pribadi dan profesionalisme. Tapi juga dapat membantu meningkatkan pemahaman budaya satu sama lain. Selain itu, mempererat hubungan antara Indonesia dan Belanda. (eva)

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password