Kerjasama Ulama dan Pemerintah Untuk Membangun Bangsa

Jusuf Kalla dan Maruf Amin saat menghadiri Milad MUI ke-44. (kabarjitu/eva)

 

JAKARTA (kabarjitu): Majelis Ulama Indonesia (MUI) memiliki peran untuk memberikan sumbangan pemikiran bagi pemerintah. Oleh karena itu, hubungan antara ulama dan umara (pemerintah) sangat penting dalam membangun bangsa. 

Demikianlah diungkapkan Wakil Presiden Jusuf Kalla (JK) usai menghadiri acara milad ke-44 MUI di Jakarta, Sabtu (27/07/2019).

Menurutnya, sama antara ulama dan pemerintah dibutuhkan dalam menghadapi berbagai tantangan ke depannya. Salah satunya, dalam bidang ekonomi. Misalnya, kerjasama dalam mengimplementasikan ekonomi syariah dengan mendirikan Bank Muamalat.

“Karena tanpa kerjasama yang baik dengan ulama, tentunya pemerintah tidak dapat menjalankan program-kerakyatan secara maksimal. Apalagi sebenarnya banyak hal dan juga tantangan ke depan yang masih perlu kita kerjakan bersama. Tanpa kerjasama tentu kita tidak mendapat pencerahan yang baik,” imbuhnya. 

Sementara itu, Ketua Umum MUI, Maruf Amin yang juga sebagai calon wakil presiden periode 2019-2024 menyatakan, sesuai dengan tema milad, “Meningkatkan Perkhidmatan dan Kemitraan MUI dalam Rangka Penguatan Ukhuwah Islamiyah dan Persatuan Bangsa”, agar tugas utama MUI untuk melayani umat dan sebagai mitra pemerintah harus selalu dijalankan dengan baik.

“Kami harus bisa menjaga umat‎ dari akidah yang menyimpang. Oleh karena itu, kami selalu mengawal jangan sampai ada umat Islam terjebak pada akidah menyimpang. Makanya, kami memberi panduan melalui Fatwah,” tegasnya. 

Dia berharap, ke depannya lembaganya dapat menjadi wadah untuk meningkatkan kemandirian dan kesejahteraan umat. Selain itu, juga tetap menjalankan nilai-nilai kebangsaan serta kesatuan dan persatuan nasional.

“Kita bersama-sama bagaimana menjaga bangsa tetap utuh dan masing-masing bisa berkontribusi bagi bangsa dan negara,” pungkasnya Maruf. (eva)

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password