Kemarau Ekstrem, Tak Halangi Produksi Padi

Kabarjitu/eva

JAKARTA (kabarjitu): Musim kemarau membuat sejumlah daerah di Indonesia mengalami kekeringan. Musim kemarau tahun ini di prediksi akan berangsur lama. Meski tahun ini Indonesia mengalami kemarau ekstrem, tapi produksi padi tak akan menurun.

“Musim kemarau tak selalu berdampak negatif. Karena musim kering yang diprediksi panjang kali ini justru bisa menjadi momentum menambah areal tanan baru di lahan rawa,” Dirjen Tanaman Pangan, Kementerian Pertanian (Kementan), Gatot Irianto kepada kabarjitu.com disela-sela Rapat Koordinasi Mitigasi Kekeringan di Kantor Kementan, Jakarta, Senin (08/07/2019).

Menurutnya, optimalisasi lahan rawa akan lebih bagus di musim kemarau. Sebab, potensi lahan rawa bisa dimanfaatkan. Apalagi, mitigasi bencana kekeringan tahun ini agak berbeda dari mitigasi kekeringan sebelumnya karena pihaknya melibatkan wilayah yang ketika terjadi kekeringan justru jadi sumber pertumbuhan luas tanam baru.

“Sehingga pertumbuhan tanaman baru itu bisa mengkompensasi tanaman yang puso dan juga menambah areal luas lahan baru yang produktivitasnya dan mutunya semakin bagus. Karena organisme pengganggu tanamannya relatif lebih kecil,” paparnya.

Pada kesempatan yang sama, Dirjen Prasarana dan Sarana Pertanian, Sarwo Edhy mengungkapkan, puncak musim kemarau diprakirakan terjadi Juli – Agustus 2019. Adapun lahan terdampak kekeringan saat ini sekitar 102.654 hektare (ha) dan mengalami puso sekitar 9.940 ha.

“Wilayah yang terancam terdampak kekeringan terutama di Pulau Jawa, Bali, Nusa Tenggara Barat (NTB) dan Nusa Tenggara Timur (NTT),” jelasnya.

Untuk mengatasi kekeringan panjang kali ini, lanjut dia, pihaknya juga telah menggelontorkan alat mesin pertanian (alsintan) khususny pompa air. Untuk periode 2015-2018 sudah mencapai 93.860 unit.

“Selain itu, kami mengusulkan daerah yang kering 2018 ini hampir 20 ribu. Jadi 19.999 unit, khusus untuk Jawa, Bali, Nusa Tenggara dan ada wilayah-wilayah lain yang meminta,” jelas Sarwo. (eva)

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password