Bongkar Permainan Proyek Pemkab Bogor Bernilai Puluhan Miliar

istimewa

JAKARTA (kabarjitu): Pemerintah Kabupaten Bogor (Pemkab Bogor) memiliki proyek musiman, yakni pengadaan tangki septik. Kuat dugaan, akibat proyek tersebut negara dirugikan hingga Rp3 miliar lebih.

Koordinator bidang Investigasi Center for Budget Analysis (CBA), Jajang Nurjaman mengungkapkan, proyek tersebut dijalankan oleh Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang PUPR. Lokasi proyeknya berada di beberapa kecamatan Kabupaten Bogor.  “Adapun anggaran yang dihabiskan setiap tahunnya mencapai puluhan miliar,” ungkap Jajang kepada Kabarjitu, Jumat (26/7/2019).

CBA mendapati beberapa temuan dalam proyek pengadaan tangki septik, khususnya yang dijalankan sepanjang tahun 2017.

Pada tahun tersebut, Dinas PUPR Pemkab Bogor menjalankan 20 proyek pengadaan tangki septik yang berlokasi di 20 kecamatan. Untuk  proyek ini anggaran yang disiapkan Pemkab Bogor sebesar Rp22.233.350.000. Adapun yang dihabiskan sebesar Rp21.072.733.485.

“Proyek  pengadaan tangki septik Pemkab Bogor diduga kuat dijalankan dengan tidak benar. Kami menduga ada penyimpangan”, ujar Jajang.

Kejanggalan-kejanggalan dimaksud terjadi sejak proses lelang dijalankan hingga proyek tersebut dijalankan oleh pihak pemenang lelang.

Secara keseluruhan CBA menemukan adanya potensi kerugian negara sebesar Rp3.007.811.000. Kerugian tersebut bersumber dari 14 proyek dengan nilai yang terlalu mahal. Ditambah 14 proyek yang terlambat pengerjaannya alias mangkrak.

“Berdasarkan temuan di atas, CBA mendorong pihak berwenang khususnya Kejaksaan Negeri Kabupaten Bogor yang dipimpin Bambang Hartoto untuk segera menindaklanjuti temuan kami, bongkar permainan proyek musiman Pemkab Bogor,” tandasnya. (Yad)

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password