Mentan Larang Pengawainya Berbisnis

Kabarjitu/eva

JAKARTA (kabarjitu): Kementerian Pertanian (Kementan) melarang keras pegawainya, khususnya pejabat di eselon 2 melakukan usaha di luar pekerjaannya sebagai Pegawai Negeri Sipil (PNS).

Apalagi kegiatan itu melibatkan keluarganya. Meskipun saat ini secara hukum tidak ada lagi larangan yang tegas bagi PNS untuk berbisnis, namun mereka tetap tidak boleh berbisnis.

Menteri Pertanian Amran Sulaiman menjelaskan, larangan itu bukan tanpa alasan. Menurutnya, usaha tersebut bisa mengakibatkan ketidaklancaran pelaksanaan tugas dari yang bersangkutan, atau dapat merusak nama baik instansinya.

“Saya bangga bersama kalian. Oleh sebab itu, saya tidak mau predikat WTP yang sudah kita peroleh selama 3 tahun berturut-turut itu hilang karena pejabat yang berbisnis itu tidak terkena konflik kepentingan,” kata usai melantik 15 pejabat eselon 2 di Kantor Kementan, Jakarta, Jumat (21/06/2019).

Diakuinya, tidak ada larangan secara tegas bagi PNS yang ingin memiliki saham, atau menjadi dewan direksi di suatu perusahaan. Syaratnya, PNS bersangkutan harus mendapatkan izin tertulis dari atasannya dalam bentuk surat keterangan resmi. Surat ini mutlak dibutuhkan dalam pengajuan Surat Izin Usaha Perdagangan (SIUP).

“Jadi tidak sembarangan. Karena PNS tidak hanya terikat oleh ketentuan perundang-undangan, tetapi juga oleh azas-azas umum pemerintahan yang baik,” pungkasnya. (eva)

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password