Kinerja Kementan Kembali Raih WTP

Kabarjitu/eva

 

JAKARTA (kabarjitu): Kementerian Pertanian (Kementan) kembali berhasil pertahankan opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) atas Laporan Keuangan Pemerintah Pusat (LKPP) tahun 2018 oleh Badan Pemeriksa Keuangan (BPK). Setalah 10 tahun, opini WTP ini berhasil diraih kembali dalam 3 tahun terakhir, yakni sejak 2016 hingga 2018.

Laporan hasil pemeriksaan atas laporan keuangan Kementan tahun 2018 ini langsung diserahkan Anggota IV BPK RI, Rizal Djalil kepada Menteri Pertanian, Amran Sulaiman saat acara Halal Bihalal Keluarga Besar Kementan di Kantor Kementan, Jakarta, Selasa (11/06).

Amran mengatakan raihan opini WTP tahun 2018 ini merupakan komitmen pihaknya untuk memperbaiki sistem keuangan yang akuntabel tidak lagi diragukan. Karena hingga saat ini pihaknya sudah sangat bagus dalam mewujudkan pemerintahan yang bersih dan berintegritas.

“Raihan opini WTP ini merupakan sejarah baru bagi bangsa ini. Karena selama kita berhasil meraih opini WTP selama tiga tahun berturut-turut,” katanya kepada kabarjitu.com.

Sementara itu, Rizal Djalil mengapresiasi semua capaian dan kinerja bagus Kementan. Raihan opini WTP ini menandakkan pengelolaan anggaran di kementerian itu telah dilakukan secara akuntabel dan standar akutansi pemerintah. Bahkan, Kementan satu-satunya kementerian yang tidak pernah terkena Operasi Tangkap Tangan (OTT).

Dia menjelaskan, Kementan pada tahun anggaran 2018 telah mencapai target realisasi hampir 91 persen dari total anggaran Rp24,38 triliun dan terealisasi Rp21,84 triliun Untuk merealisasikan anggaran tersebut tentu tidak mudah, apalagi anggaran ini terkait dengan upaya mensejahterakan masyarakat.

“Adapun kami menghitung, aset Kementan sampai saat ini sudah berjumlah Rp26 triliun lebih. Untuk mengelola anggaran dan aset yang sangat besar tidak gampang. Tapi anggaran dan aset itu mampu dikelola dengan sangat baik,” tegasnya. (eva)

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password