Apa pun Keadaannya, Harus Kita Syukuri

Ist

Edi Sabara

Sahabat-sahabatku yang selalu berjuang untuk kebahagiaan keluarga.

Hari ini, seperti tahun-tahun sebelumnya, kita merayakan hari kemenangan. Hari Raya Iedul Fitri 1440 H. Semoga semangat bulan Ramadhan bisa terus kita lanjutkan. Khususnya tentang perjalanan mencari ridha Allah.

Banyak yang bisa benar-benar bertaubat di bulan suci Ramadhan. Tapi, ada juga yang taubatnya masih jatuh bangun. Masih tetap bergelimang dosa.

Tentu saja, yang masih saja melakukan dosa, harus terus berdiri tegak. Coba lagi dan terus berusaha. Jangan berhenti untuk kembali bertaubat, memohon ampunan Allah SWT.

Apalagi, ampunan Allah SWT jauh lebih besar dibanding dosa yang kita lakukan.  Kita harus yakin, pasti bisa benar-benar bertaubat. Tobat yang sesungguhnya (taubatan nasuha). Menyesali, memohon ampunan, dan tidak mengulanginya lagi.

Banyak cerita sebelum Iedul Fitri. Dimana ada beberapa keadaan yang tidak sesuai keinginan kita. Saat Lebaran, kita ingin membahagiakan keluarga. Berharap bisa membeli sesuatu yang baru untuk dipakai. Atau mungkin, hal-hal lain yang bersifat duniawi.

Pada saat semua itu tidak terwujud, tentunya ada beberapa orang yang sedih atau kecewa. Semua itu terjadi, karena kita selalu berharap, apa yang kita inginkan bisa terwujud.

Seharusnya, kita harus selalu bersyukur setiap saat. Bersyukur dengan kehidupan kita. “Keadaan yang harus kita syukuri”. Karena, Allah SWT selalu memberikan sesuatu kepada kita, sesuai dengan kebutuhan kita.

Kita masih sehat. Dan, kita masih bisa berkumpul bersama keluarga. Jika pun tidak bisa berkumpul di saat hari Lebaran, entah Lebaran pertama atau kedua, 1 Dan 2, toh kita masih bisa bersilaturahmi lewat handphone. Itulah yang harus kita syukuri.

Semua keadaan akan terasa bahagia, jika kita senantiasa menyikapinya dengan penuh rasa syukur.

Semua kesulitan yang datang, selalu diiringi dengan kemudahan (baca QS: Al Asr). Jangan pernah mengeluh. Apalagi masih berhubungan dengan kondisi keuangan. Betul, memang biaya hidup sekarang tinggi, tapi jika kita selalu bijaksana dalam menggunakan uang, dan terus istiqomah mencari rezeki, Insya Allah uang bukan lagi kendala.

Di saat kita mengeluh, coba lihat keadaan orang-orang yang jauh lebih sulit dari kita. Lagi-lagu, kita harus terus bersyukur. Hentikan mengeluh, karena itu hanya menumbuhkan pikiran negatif dalam diri kita. Seolah kita menyalahkan keadaan.

Jangan lupa, semua kejadian dan keadaan yang kita alami, telah diatur oleh Allah SWT. Dan pasti, semuanya terbaik buat kita.

Percayalah, sahabat-sahabatku. Jika kita selalu bersyukur, semua hal akan mudah dan bahagia.

Peracayalah, sahabat. Bagi kita yang masih berbuat dosa, jangan lelah bertaubat. Terus berdiri tegak memohon ampunan-Nya. Berusahalah keras, hingga kita benar-benar menjadi manusia yang kuat terhadap godaan setan. Dan, kita terus bertaqwa kepada Allah SWT.

@edisbr
Idulfitri 1440 H

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password