Terima Kunjungan Mentan Brasil, Amran Bahas Ekspor Impor Bidang Pertanian

Kabarjitu/eva

JAKARTA (kabarjitu): Indonesia dan Brasil kembali menjalin kerjasama. Kali ini kedua negara tersebut melakukan negosiasi untuk ekspor impor di bidang pertanian. Adapun yang dibahas, di antaranya ekspor buah manggis dan salak hingga impor daging sapi.

“Dalam waktu dekat, komoditas strategis asal Indonesia bisa menembus pasar Brasil. Di antaranya, manggis, nanas, salak, sarang burung walet, dan masih banyak lainnya akan masuk pasar Brasil,” kata Menteri Pertanian, Amran Sulaiman kepada kabarjitu.com usai menerima kunjungan Menteri Pertanian Brasil, Tereza Cristina Dias di Kantor Kementerian Pertanian Indonesia, di Jakarta, Senin (20/05/2019).

Sementara untuk Brasil, lanjut Amran, negera tersebut menawarkan daging sapi dengan harga murah dan berkualitas baik. Apalagi, harga daging sapi Brasil dikenal lebih murah. Oleh sebab itu, pihaknya akan mengkaji lagi tawaran daging sapi dari Brasil.

“Kami juga harus tetap memperhatikan food security-nya. Karena daging yang masuk ke Indonesia harus aman untuk dikonsumsi dan bebas penyakit,” tegasnya.

Bukan hanya ekspor-impor produk pertanian, Indonesia menawarkan Brasil untuk berinvestasi pada alat dan mesin pertanian (alsintan) guna meningkatkan kesejahteraan petani. Serta, bertukar pengalaman menganai tata kelola produksi gula.

“Pasalnya, Brasil merupakan produsen gula terbesar di dunia. Sehingga kami ingin Indonesia mampu mengelola gula seperti Brasil. Jadi, kami meminta Brasil untuk dapat mentransfer teknologi di bidang pergulaan,” ungkapnya. (eva)

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password