Rem Bus yang Terguling, Ternyata Normal

Kabarjitu/yad

BOGOR (kabarjitu): Bus yang terguling di Taniakan Selarong, Megamendung, Puncak, Bogor, ternyata memiliki rem yang masih normal.

Kecelakaan ini terjadi pada Rabu (01/05) pagi sekitar pukul 10.30 WIB. Dari 25 penumpang, 19 diantaranya adalah anak-anak sekolah. Lima anak mengalami luka serius.

Mereka adalah para pelajar dari SDN Karang Harja 1, Kecamatan Cisoka, Banten. Kini ke-19 anak tersebut sedang dirawat di Rumah Sakit Ciawi (RSUD) Bogor.

Seorang korban, Yuningsih mengungkapkan, sebelum kejadian, ia mendengar suara di bawah mesin. “Drok, drok, drok..”.

“Saat itu, bus baru keluar dari rest area. Saya sempet tanya, ini kenapa pak sopir? Sopir itu bilang, saya juga enggak tahu bu, bukan pegangan saya soalnya,” ungkap Yuningsih kepada Kabarjitu saat ditemui di Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Ciawi Bogor, Rabu (01/05/2019).

Akibat peristiwa itu, ia dan anaknya mengalami luka di kepala dan kaki. “Saya luka di kepala sama kaki. Anak saya juga,” tuturnya.

Kasatlantas Polres Bogor, AKP M Fadli Amri menjelaskan, bus itu dalam kondisi layak jalan. Bahkan rem berfungsi normal.

“Itu rombongan anak sekolah dari Banten yang ingin berlibur ke Taman Wisata Matahari. Fungsi rem normal. Saat bus naik, kurang kontrol. Akhirnya mundur dan telat antisipasi,” kata Fadli.

Saat ini, 5 korban luka ringan telah dilarikan ke RSUD Ciawi untuk mendapatkan perawatan medis didampingi petugas Satlantas Polres Bogor.

Sebelum terjadi kecelakaan, kata dia, bus Mitsubishi bernomor polisi A 7531 FL tersebut bergerak dari arah Gadog menuju puncak.

“Setiba di tanjakan Selarong, kendaraan tidak kuat menanjak. Akhirnya mundur dan telat gerem. Akibatnya, mobil bus terguling ke kiri dengan posisi ban sebelah kanan di atas,” katanya.

Pengemudi bus tersebut kini telah diamankan untuk dimintai keterangan. Untuk evakuasi, Polres Bogor meminta bantuan kendaraan derek dari Jasa Raharja Tol Jagorawi.

“Penyebab kecelakaan masih dalam penyelidikan. Dugaan awal supirmya kurang hati-hati,” pungkasnya. (Yad)

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password