Petani Milenial Garda Terdepan Pertumbuhan Ekonomi

Petani Milenial Garda Terdepan Pertumbuhan Ekonomi

JAKARTA (kabarjitu): Untuk menjadikan sektor pertanian sebagai garda terdepan pertumbuhan ekonomi nasional perlu melibatkan generai muda untuk menjadi petani. Oleh sebab itu, Kementerian Pertanian (Kementan) menciptakan program 1 juta petani milenial di era teknologi saat ini. Para petani tersebut diharapkan mampu memproduksi komoditas pertanian yang tidak hanya mencukupi kebutuhan dalam negeri. Tapi juga harus menguasai pasar ekspor

“Kami akan melibatkan petani berusia muda atau petani milenial untuk membuat program mekanisasi dan digitalisasi. Target jangka panjang pertanian adalah menjadikan petani milenial mampu menggerakkan program digitalisasi guna menggenjot produksi,” kata Menteri Pertanian Amran Sulaiman kepada kabarjitu.com di Kantor Kementan, Jakarta, Senin (27/05/2019).

Dia menjelaskan, dengan terciptanya petani milenial, diharapkan, efisiensi pertanian dari segi biaya, waktu, dan tenaga dapat dihasilkan secara maksimal. Apalagi, saat ini pihaknya sangat konsen melakukan regenerasi petani, salah satunya melalui petani milenial

“Kami akan upayakan terus petani milenial ini turun ke pertanian. Animonya sudah cukup besar, tinggal digalakkan lagi. Perlu diketahui, saat ini terdapat 450 ribu-500 ribu petani milenial yang sudah terjun ke dunia pertanian. Bahkan, pelibatan generasi milenial dalam sektor pertanian sudah diapresiasi oleh dunia, salah satunya apresiasi dari Jepang.

“Hal itu sudah membuktikan, kalau petani Indonesia sudah mampu bertransformasi dari pertanian tradisional ke pertanian modern. Sehingga kendala-kendala dalam mengoperasikan alat mesin pertanian (alsintan) sudah dapat diatasi secara perlahan,” ungkapnya. (eva)

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password