Lindungi Konsumen dari Produk Palsu via Platform e-Dagang

Kabarjitu/eva

JAKARTA (kabarjitu): Perkembangan praktek jual beli melalui platform e-Dagang sudah jadi budaya baru yang tak bisa dielakan. Sehingga kemudahan konsumen untuk mendapatkan barang yang dibutuhkan, bisa berisiko terpapar peredaran produk palsu dari pihak yang tak bertanggungjawab.

“Disadari atau tidak, praktek e-Dagang sudah menjadi bagian dari pola prilaku berbelanja masyarakat milenial. Apabila, konsumen tidak waspada terhadap barang ilegal yang beredar di e-Dagang, tentunya berbahaya bagi konsumen itu sendiri,” kata Ketua Masyarakat Indonesia Anti Pemalsuan (MIAP), Justisiari P. Kusuma, kepada kabarjitu.com di Jakarta, Senin (20/05/2019).

Menurutnya, resiko tersebut akan sangat sulit diminta pertanggungjawabannya. Karena penjualan dan peredaran produk ilegal tersebut seringkali dilakukan oleh pihak yang tidak bertanggungjawab agar dapat memperoleh keuntungan yang lebih besar.

“Oleh sebab itu, kami mengajak pelaku industri dan para pemangku kepentingan lainnya untuk berdiskusi dalam mencari upaya perlindungan pemilik merek dan produsen yang sah serta konsumen sebagai pengguna akhir dari peredaran penjualan barang palsu itu,” paparnya.

Sementara itu, Ketua Bidang Kebijakan Umum idEA, Even Alex Chandra mengakui, untuk menghalau peredaran barang palsu melalui model bisnis consumer to consumer (C2C) memang tidak mudah. Terlebih lagi, dengan adanya kemudahan akses memiliki akun untuk menjual atau membeli barang.

“Untuk itulah pengawasan oleh portal e-Dagang diharapkan mampu mengurangi dampak negatif yang ditimbulkan. Dengan adanya pengawasan yang dilakukan oleh tim kami, maka setiap ada pelaporan terkait perederan produk palsu itu, setelah dilakukan verifikasi dan terbukti maka secara langsung akan diberikan sanksi dengan penutupan toko online tersebut. Hal ini merupakan langkag preventif yang kami lakukan,” pungkasnya. (eva)

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password