Kelelahan Bukan Penyebab Kematian Ratusan Petugas KPPS

Kabarjitu/eva

 

JAKARTA (kabarjitu): Kematian ratusan anggota Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara (KPPS) pada Pemilu serentak 2019 menuai polemik dari berbagai pihak.

Bahkan beberapa, di antaranya meminta untuk mengusut atas kematian petugas KPPS tersebut. Polemik itu pun membuat Ikatan Dokter Indonesia (IDI) mengkaji secara ke llmuan kedokteran.

Ketua Umum Pengurus Besar IDI, Daeng Muhammad Faqih mengatakan, hingga saat ini memang banyak masyarakat yang mengklaim, jika kelelahan menjadi faktor utama meninggalnya petugas KPPS. Tapi, sebenarnya dalam ilmu kedokteran, kematian langsung akibat kelelahan itu tidak ada.

“Memang di dunia medis itu tidak pernah ada faktor penyebab kelelahan yang langsung menyebabkan kematian. Tapi kelelahan bisa saja terjadi sebagai pemicu, pendamping, dan memperparah penyakit yang akhirnya menimbulkan kematian,” katanya kepada kabarjitu.com usai Diskusi Publik bertema “Membedah Persoalan Sebab Kematian Mendadak Petugas PEMILU dari Perspektif Keilmuan”, di Sekretariat PB IDI Jakarta, Senin (13/05/2019).

Menurutnya, kelelahan bisa memicu penyakit lain, seperti serangan jantung, stroke, sehingga menyebabkan kematian. Namun pihaknya belum dapat memastikan, apakah ratusan petugas KPPS itu mengidap salah satu penyakit tersebut. Karena dalam dunia kedokteran, kematian itu yang memang riwayat penyakitnya jelas.

“Dari awal sudah sakit ini, kronis, kemudian meninggal. Selain itu, ada riwayat penyakitnya mungkin dulu pernah sakit dan sembuh, kemudian dipicu kelelahan, kambuh lagi. Kalau bahasa medisnya exa serbasi akut,” jelasnya.

Sementara itu, Guru Besar Ilmu Penyakit Dalam Universitas Indonesia, Zubairi Djoerban, menyatakan, walaupun dalam ilmu kedokteran ada istilah “Sudden Death” atau kematian mendadak tanpa ada penyakit apa pun, namun itu jarang terjadi. Ada beberapa jenis kematian mendadak, di antaranya kecelakaan, bunuh diri, strok atau penyakit jantung. Pencetusnya ialah kelelahan, dehidrasi, stres.

“Khusus kematian petugas KPPS, perlu diteliti secara menyeluruh. Karena saya juga meragukan penyebab kematian dikarenakan kelelahan saja. Kelelahan memang bisa sebabkan kematian mendadak. Apalagi, kalau jam kerja banyak dan ditambah pola hidup tidak sehat. Pemicunya, kelelahan ataupun dehidrasi,” tegasnya. (eva)

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password