Inilah Harmonisasi Redefinisi Sistem Internasional Satuan Ukuran

Kabarjitu/eva

 

JAKARTA (kabarjitu): Komunitas metrologi dunia menyetujui perubahan redefinisi Sistem Internasional Satuan (SI), pada November 2018. Perubahan ini merupakan tonggak sejarah menuju perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi yang lebih tinggi. Tujuannya, untuk berbagai kepentingan di seluruh dunia.

“Redefinisi ini menyempurnakan penjabaran dari semua satuan dasar yang terdiri dari sekon (s), meter (m), kilogram (kg), ampere (A), kelvin (K), mole (mol) dan candela (cd),” kata Plt. Direktur Standar Nasional Satuan Ukuran Mekanika, Radiasi, dan Biologi Badan Standarisasi Nasional (BSN), Agustinus Praba Drijarkara disela-sela Simposium dan Workshop “Harmonisasi Redefinisi Sistem Internasional Satuan Ukuran dan Kurikulum Pendidikan Nasional” di Jakarta, Selasa (21/05/2019).

Dia menjelaskan, penyempurnaannya mengubah definisi dari penjabaran jenis satuan secara eksplisit menjadi penjabaran jenis konstanta secara eksplisit. Misalnya, pengertian kilogram berubah secara fundamental. Karena penjabaran sebelumnya menjabarkan kilogram sebagai massa kilogram prototipe internasional, yang merupakan artefak dan bukan konstanta alam.

“Sedangkan, penjabaran baru menghubungkannya dengan massa ekivalen energi dari suatu foton yang diberikan frekuensinya, melalui konstanta Planck. Sehingga perubahan ini memerlukan penyebarluasan ke berbagai pihak, khususnya dunia pendidikan,” tegasnya.

Sebelumnya, Kepala BSN, Bambang Prasetya mengatakan, metrologi dipandang sebagai pondasi teknis dalam standardisasi. Karena tidak ada satupun kegiatan standardisasi yang tidak menggunakan aktivitas mengukur. Metrologi, standardisasi, dan penilaian kesesuaian, merupakan tiga pilar peningkatan daya saing dan infrastruktur mutu.

“Satuan ukuran dalam standar sangat penting agar terjadi efisiensi mulai dari produksi hingga kompatibilitas peralatan dan produk atau jasa. Dapat dibayangkan bila ukuran baut tidak standar, maka akan sulit dalam penggunaannya dalam berbagai peralatan,” imbuh Bambang saat membuka acara tersebut. (eva)

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password