Indonesia Lepas Ekspor Kelapa Bulat Sambas ke Malaysia

Kabarjitu/eva

ARUK (kabarjitu): Sebanyak 1,2 ton kelapa bulat asal Kabupaten Sambas diekspor ke Serawak, Malaysia. Pelepasan ekspor tersebut dilakukan di kantor layanan Karantina Pertanian, Pos Lintas Batas Negara Aruk, Jumat (17/05/2019).

Kepala Badan Karantina Pertanian (Barantan), Ali Jamil menyatakan, untuk mendorong ekapor pertanian, berbagai langkah inovasi dilakukan pihaknya, termasuk penguatan sistem perkarantinaan diperbatasan. Apalagi, saat ini pihaknya mengembang amanah untuk melindungi sumber daya alam hayati sekaligus melakukan akselerasi layanan untuk mendorong ekspor komoditas pertanian.

“Perbatasan negara memiliki keunggulan akses pasar yang lebih dekat dengan dunia luar. Maka, langkah yang meningkatkan kesejahteraan masyarakat adalah dengan memberdayakan potensi yang ada,” kata Jamil usai acara pelepasan ekspor tersebut.

Pada kesempatan yang sama, Kepala Karantina Pertanian Entikong, Yongky Wahyu Setiawan mengatakan, sejak adanya kebijakan pemerintah menjadikan batas negeri sebagai pusat ekonomi, lalu lintas eksportasi produk pertanian di wilayah Aruk semakin meningkat.

“Tercatat, sepanjang Januari hingga April 2019, telah disertifikasi sebanyak 16 jenis komoditas pertanian. Mulai dari produk hortikultura hingga rempah dengan total 17.420 ton senilai Rp174,9 miliar,” pungkasnya. (eva)

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password