Indonesia Buka Ekspor Buah Tropis dan Rempah ke Argentina

Kabarjitu/eva

 

JAKARTA (kabarjitu): Kementerian Pertanian (Kementan) terus menggenjot akselerasi ekspor produk pertanian dalam negeri. Upaya terbaru ialah dengan membuka pasar buah tropis dan tropis, seperti pisang, nanas, manggis dan lada ke Argentina.

“Memang selama ini buah tersebut sudah masuk ke Argentina tapi masuknya melalui transit di Malaysia dan Singapura. Jadi saat ini, kami akan mengupayakan buah tropis asal Indonesia itu bisa masuk langsung ke pasar Argentina tanpa transit,” kata Menteri Pertanian Amran Sulaiman kepada kabarjitu.com usai menerima kunjungan Wakil Presiden Argentina, Gabriela Michetti di Kantor Kementan, Jakarta, Rabu (08/05/2019).

Menurutnya, dengan adanya peluang pasar baru buah tropis ini, diharapkan masing-masing pihak, baik para kelompok tani buah, pengelolah buah tropis (packaging house), eksportir, para kepala dinas pertanian yang ada di propinsi/kabupaten/kota untuk mempersiapkan diri dalam memberikan jaminan aman pangan guna memenuhi persyaratan ekspor.

“Jika peluang ini terbuka, maka untuk yang pertama kalinya kita bisa langsung ekspor buah ke Argentina. Kerjasama bilateral ini diharapkan dapat lebih memperbesar akses buah tropis eksotis, rempah dan produk unggulan Indonesia lainnya ke pasar ekspor Argentina,” ujarnya.

Diterangkan, produksi nanas Indonesia pada tahun 2018 mencapai 2 juta ton, dan sudah diekspor ke negara-negara di Asia, Timur Tengah, dan Eropa hingga 250 ribu ton per tahun. Sementara itu, ekspor maggis mencapai 40 ribu ton dari produksi 160 ribu ton selama 2018. Begitu juga dengan salak yang diekspor ke negara-negara Asia sebanyak 1,2 ribu ton. (eva)

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password