Kementan Optimis, LTT April 2019 di Jabar Tercapai

Kabarjitu/eva

 

INDRAMAYU (kabarjitu): Kementerian Pertanian (Kementan) yakin luas tambah tanam (LLT) padi di Jawa Barat, pada April 2019 bisa mencapai target. Adapun target yang harus dicapai seluas 279.671 hektar (ha). Dilaporkan yang telah terealisasi saat ini mencapai 105.525 ha.

 

“Kami optimis dalam kurun waktu sisa 10 hari ke depan, target tersebut bisa tercapai. Karena target ini naik 9 persen dari realisasi di bulan yang sama pada 2018, yakni 254.247 ha,” kata Kepala Badan Karantina Pertanian (Barantan), Ali Jamil saat memantau LTT padi di Indramayu, Jawa Barat, Minggu (21/04/2019).

linJamil juga sebagai Penanggung Jawab Upaya Khusus (Upsus) Swasembada Padi, Jagung dan Kedelai (Upsus Pajale) untuk Provinsi Jawa Barat.

Oleh sebab itu, tambah Jamil, pihaknya sangat mengapresiasi tim Upsus Pajale Jawa Barat, baik dari pusat, provinsi maupun kabupatan/kota. Karena di sela libur panjang kali ini dimanfaatkan untuk mendorong sekaligus percepatan LTT. Upaya itu dilakukan untuk menggenjot produksi padi nasional.

“Provinsi Jawa Barat dengan 27 kabupaten yang menjadi daerah sentra padi, jelang musim kering terus bersiap. Dengan total luas baku lahan sawah seluas 911.817 ha. Jadi kami akan bekerja keras untuk hadapi musim tanam tahun ini. Kita siagakan untuk bantu petani,” paparnya.

Dia menjelaskan, pihaknya siap membantu petani dengan program gerakan tanam serentak melalui mekanisasi pertanian, penyebaran benih padi toleran kekeringan dan tahan hama/penyakit. Selain itu juga program pompanisasi akan disiagakan.

“Tidak kalah pentingnya adalah pendampingan petani oleh penyuluh dan Babinsa TNI AD di seluruh lokasi. Pengawalan yang ketat ini diharapkan mampu terus menjamin keberlangsungan swasembada beras yang telah tercapai selama ini,” tutup Jamil. (eva)

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password