Dana Rp2,5 Triliun untuk Program Serasi

Kabarjitu/eva

JAKARTA (kabarjitu): Kementerian Pertanian (Kementan) menyiapkan dana Rp2,5 triliun untuk implementasi program Selamatkan Rawa Sejahterakan Petani (Serasi).

Tujuannya untuk meningkatkan produktivitas pertanian. Terutama, perbaikan jaringan tersier di 3 provinsi, yaitu Sumatera Selatan, Kalimantan Selatan, dan Sulawesi Selatan.

“Pada tahun ini, kami menargetkan 400 ribu hektar (ha). Dana yang dipakai setiap hektarnya mencapai Rp4,3 juta,” kata Dirjen Prasarana dan Sarana Pertanian (PSP) Kementan, Sarwo Edhi dalam Diskusi “Program Serasi Meningkatkan Produktivitas” di Kantor Kementan, Jakarta (24/04/2019).

Dia menjelaskan, program Serasi telah menunjukkan hasil yang baik di lapangan. Di antaranya produktivitas pertanian naik menjadi 6,5 ton Gabah Kering Panen (GKP) per ha di Tanah Laut, Kalimantan Selatan. Sebelumnya berjumlah 3 ton GKP per ha.

Sementara itu, Sesditjen Tanaman Pangan Kementan, Bambang Pamuji, menambahkan, untuk memperkuat program Serasi, pihaknya menyediakan Rp1,2 triliun untuk kebutuhan sarana produksi pertanian dan pembinaan.

“Dana itu akan dipakai dalam rangka penyediaan benih sebanyak 80 kg per ha, dolomit 1.000 kg per ha dan pupuk hayati sekitar 25 kg per ha. Estimasi biayanya rerata Rp2,01 juta per ha,” ucapnya. (eva)

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password