Percepat Pemulihan Bencana, BIG Serahkan Peta Pasca Gempa Sulteng

Kabarjitu/eva

BOGOR (kabarjitu): Badan Informasi Geospasial (BIG) menyerahkan peta dasar skala besar untuk wilayah berdampak gempa Sulawesi Tengah (Sulteng). Pemetaan dilakukan untuk kebutuhan tata ruang dan mempercepat pemulihan. Peta dasar tersebut berskala 1 banding 1000 dan 1 banding 5000.

 

“Kami mendapat tugas memetakan area yang berdampak gempa. Kami pun sudah berusaha semaksimal dan secepat mungkin menyelesaikan peta pasca bencana tersebut,” kata Kepala BIG, Hasanuddin Z. Abidin di sela-sela penyerahan peta dasar tersebut di Kantor BIG, Senin (28/01/2019).

Menurutnya, penyerahan peta dasar tersebut dalam rangka proses pemulihan dan pembangaunan kembali daerah terdampak gempa dan tsunami. Selain itu, likuifaksi yang terjadi di sebagian wilayah Sulteng.

“Nanti, hasil dari peta dasar itu digunakan sebagai informasi dasar untuk kebutuhan macam-macam. Di antaranya, apa relokasi atau rencana tata ruang dan macam-macam yang dibutuhkan pascagempa,” ungkapnya.

Hasanuddin menambahkan, walaupun belum dilengkapi toponimi, tutupan lahan, dan detailnya, tetapi peta dasar dengan skala besar yang diserahkan tersebut sudah bisa digunakan untuk pembenahan infrastruktur. Di antaranya jalan, jalur evakuasi, dan rehabilitasi saluran irigasi dan segala macam.

“Untuk lebih lengkapnya, peta dasar tersebut akan diserahkan pada tanggal 20 Februari mendatang. Walau begitu, dengan data yang ada saat ini sudah bisa sebagai acuan pekerjaan mereka,” ungkapnya. (eva)

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password