Doodle Art Science Contest Makanan Kesukaan

Kabarjitu/eva

JAKARTA (kabarjitu): Sebanyak 188 siswa sekolah dasar (SD) dari 65 SD di wilayah Jakarta dan sekitarnya, mengikuti Doodle Art Scienci Contest di Gedung PP IPTEK Jakarta, Sabtu (26/01/2019).

 

Kegiatan yang baru pertama kali diselenggarakan Pusat Peragaan Ilmu Pengetahuan dan Teknologi (PP IPTEK) Kementerian Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi (Kemenristekdikti) ini diharapkan bisa membuka jaringan untuk berjenjang ke ajang internasional.

Direktur PP Iptek, M. Syachrial Annas mengatakan, pihaknya berinisiatif mengadakan kegiatan lomba ini untuk memberikan kesempatan kepada generasi muda, khususnya anak-anak dalam berimajinasi. Juga untuk mengasah kreatifitas dan menunjukan idenya dalam sebuah karya seni yang unik, menarik, dinamis, dan bernuansa sains.

“Kompetisi ini bertujuan untuk mengembangkan kreatifitas generasi muda untuk menyukai dan mencintai sains dengan cara yang berbeda. Misalnya dengan makanan kesukaan seperti tema kegiatan kali ini. Selain itu juga untuk meningkatkan kesadaran masyarakat akan pentingnua gizi demi kelangsungan hidup sehat,” ujarnya kepada kabarjitu.com di sela-sela kompetisi tersebut.

Menurutnya, kompetisi tersebut dibagi menjadi 2 kategori. Pertama, kategori mewarnai dan kategori seni membuat. Untuk kategori mewarnai diperuntukkan bagi siswa SD kelas 1-3, sedang kategori seni membuat diperuntukkan bagi siswa SD kelas 4-6.

“Dengan pelaksanaan kompetisi ini ketertarikan anak-anak pada sain bisa meningkat. Karena kami juga memberikan hadiah. Walaupun tidak besar, tapi hadiah yang kami berikan juga dalam bentuk ilmu pembelajaran dan mengenalan sains sejak dini,” ungkapnya.

Dia memaparkan, doodle art merupakan teknik membuat gambar dengan mencoret-coret kertas dan menggambungkan aneka pola gambar yang terlihat abstrak. Sehingga menghasilkan satu kesatuan gambar. Sebuah karya doodle art biasanya menggambarkan perasaan orang yang membuatnya. Hasilnya bisa terlihat dari goresan tersebut.

“Oleh sebab itu, semakin dibuat sepenuh jiwa dan perasaan, karya doodle art yang dihasilkan semakin menarik, unik dan bermakna dalam. Sehingga karya doodle art tidak hanya sekedar hobi, tapi juga mempunyai kedalaman makna dan gaya. Selain termasuk seni rupa 2 dimensi, doodle art juga merupakan seni desain grafis yang menarik,” jelasnya. (eva)

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password