Debat Capres: Jokowi Inkonsisten Soal Bekas Napi yang Nyaleg

kreasi kabarjitu

JAKARTA (kabarjitu): Dalam debat Capres-Cawapres perdana, Jokowi tampaknya memperlihatkan sikap yang inkonsisten. Sikap itu terkait mantan napi korupsi yang menjadi caleg DPR.

Saat diberi kesempatan untuk bertanya kepada Paslon 2, Prabowo-Sandi, Jokowi melontarkan pertanyaan soal banyaknya Caleg dari Partai Gerindra yang berstatus mantan napi korupsi.

“Dari data ICW, ada 6 caleg mantan napi koruptor yang dicalonkan Gerindra. Yang tanda tangan pak Prabowo. Bagaimana bapak menjelaskan masalah ini?” tanya Jokowi dalam debat yang digelar Kamis (17/1/2019) malam.

Tampaknya, pertanyaan tersebut justru memperlihatkan bagaimana Jokowi tidak konsisten terhadap sikap dan statemennya sendiri.

Pasalnya, Jokowi pernah menegaskan, bahwa mantan narapidana kasus korupsi punya hak untuk mencalonkan diri dalam pemilu legislatif. Hal ini disampaikan Jokowi menanggapi rencana Komisi Pemilihan Umum melarang mantan napi korupsi untuk menjadi caleg dalam Pemilu 2019.

“Kalau saya, itu hak. Hak seseorang berpolitik,” kata Jokowi di Jakarta, Selasa (29/5/2018). (Kompas.com)

Jokowi mengatakan, konstitusi sudah menjamin untuk memberikan hak kepada seluruh warga negara untuk berpolitik, termasuk mantan napi kasus korupsi.

Jokowi mengakui adalah wilayah KPU untuk membuat aturan. Namun, Jokowi menyarankan agar KPU melakukan telaah lagi.

Usai pertanyaan disampaikan Jokowi, moderator mengingatkan bahwa waktu bertanya masih ada. Ketika itu, Prabowo ingin segera menjawab, “boleh saya jawab,” tanya Prabowo ke moderator. Namun moderator melarangnya, karena waktu untuk Jokowi masih tersisa.

Akhirnya, sambil menunggu waktu bertanya dihabiskan Jokowi, Prabowo dan Sandiaga sempat bercanda. Prabowo berjoget ala tarian Jawa, dua gerakan. Lalu disambut Sandiaga dengan memijat punggung Prabowi.

Karuan saja, aksi candaan Prabowo-Sandi disambut tawa para hadirin, khususnya pendukung Paslon 2. (sht)

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password