Beasiswa ke Belanda Makin Memikat Pelajar Indonesia

Kabarjitu/eva

JAKARTA (kabarjitu): Ada yang berbeda pada Holland Scholarship Day (HSD) 2019. Kegiatan tahunan tentang berbagai opsi beasiswa studi ke Belanda itu menyedot perhatian lebih dari 1,000 pengunjung.

 

Selain itu, ada banyak pilihan studi bagi pencari beasiswa untuk melanjutkan pendidikan di Belanda.

“Ada banyak skema beasiswa yang pendanaannya bersumber langsung dari pemerintah Belanda, seperti StuNed, Orange Tulip Scholarship (OTS), Holland Scholarship, dan Orange Knowledge Programme (OKP),” kata Peter van Tuijl, Direktur Nuffic Neso Indonesia, kepada kabarjitu.com di sela-sela perhelatan HSD di Erasmus Huis, Jakarta, Sabtu (19/01/2019).

Menurutnya, bukan tanpa alasan beasiswa studi ke Belanda selalu memikat pelajar Indonesia. Karena Belanda memiliki nilai lebih sebagai negara tujuan studi bagi pelajar Indonesia. Apalagi faktor sejarah, budaya, dan juga hubungan bilateral yang erat dan komprehensif.

“Sehingga hal tersebut memberikan suatu zona nyaman bagi pelajar-pelajar Indonesia. Apalagi, banyak sekali kemudahan yang diberikan oleh pihak Belanda untuk mahasiswa Indonesia. Di antaranya, pemerintah Belanda memberikan uang untuk beasiswa. Selain itu juga, memfasilitasi visa, asuransi kesehatan (aspek teknis),” ungkapnya.

Sementara itu, Kepala Bagian Politik Kedutaan Besar Belanda untuk Indonesia, Roel van der Veen, menekankan hubungan erat antara Belanda dan Indonesia di bidang pendidikan sudah dirintis sejak zaman pra kemerdekaan. Di mana, para pemimpin nasional mengenyam pendidikan di Belanda, seperti proklamator Muhammad Hatta dan Ki Hajar Dewantara.

“Hubungan itu masih terjalin sampai saat ini. Bahkan, tokoh-tokoh penting pemerintah, seperti Menlu Retno Marsudi, Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan Siti Nurbaya Bakar, tercatat sebagai alumni Belanda,” tegasnya.

Ditambahkan, pentingnya studi ke luar bukan hanya untuk mencari ilmu, namun yang lebih penting lagi adalah membuka wawasan dan merubah pola pikir. Oleh sebab itu, mendorong semua pencari beasiswa supaya tidak mudah menyerah, karena banyak sekali beasiswa yang ditawarkan dari berbagai pihak untuk sekolah di luar negeri.

“Seorang pelamar beasiswa perlu mendapatkan informasi yang lengkap, bukan hanya tentang persyaratan, tetapi lebih jauh lagi tentang latar belakang dan tujuan dari setiap beasiswa. Sehingga dapat membantu mempertajam motivasi. Hal ini yang biasanya kurang disadari oleh para pencari beasiswa yang biasanya hanya berfokus pada usaha memenuhi persyaratan semata,” tutupnya. (eva)

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password