Presiden Gereja Papua: Kunjungan Jokowi ke Papua Tidak Dibutuhkan Orang Papua

kreasi kabarjitu

KABARJITU: Kabar mengejutkan datang dari Papua. Bahkan, kabar yang diungkapkan orang nomor satu kelompok Nasrani Papua itu memupuskan kesan citra Jokowi, yang selama ini dikesankan peduli Papua.

_______

Kabar itu langsung disampaikan Presiden Sinode Gereja-gereja Babtis Papua, Dr Sokratez Sofyan Yoman ketika diwawanvarai Tablid Jubi.

Dengan nada keras, Yoman mengatakan, selama ini, Presiden Republik Indonesia, Joko Widodo hanya mengutamakan seremonial belaka, dibanding pembangunan substansial di Papua.

“Belum ada perubahan substantial. Dia (Jokowi) bersandiwara,” ungkap Yoman kepada Jubi, Selasa, (27/11/2018).

Menurut Yoman, kunjungan-kunjungan yang dilakukan Jokowi selama ini, tidak dibutuhkan oleg orang Papua. Termasuk aksi-aksi spontan, seperti gendong anak ketika di tengah-tengah kujungan atau aksi melambaikan tangan dan senyum.

Dengan aksi-aksinya itu, memang terkesan bahwa Jokowi telah membuat banyak orang terkagum-kagum. Apalagi, kekaguman orang sepertinya semakin besar, setelah Jokowi melakukan 10 kali melakukan kujungan kenegaraan ke Papua.

Namun fakta sesungguhnya di balik itu, Jokowi tidak menyadari, bahwa apa yang dilakukannya selama ini sama sekali belum menyentuh masalah utama di Papua.

Yoman mengungkapkan, masalah utama yang sesungguhnya di Papua itu bukan pembangunan infrastruktur, seperti yang dibangga-banggakan selama ini, melainkan penghargaan martabat manusia.

“Kami tidak butuh uang. Martabat kami tidak bisa diukur dengan uang,” tandasnya.

Akan jauh lebih penting, apabila Jokowi menghargai martabat orang Papua dengan cara menghentikan semua kekerasan yang terjadi dan mengusut siapa di balik semua kekerasan di Papua.

Apalagi, selama masa pemerintahan Jokowi, tercatat sudah lebih dari 7.000 orang Papua yang ditahan polisi saat mereka melakukan aksi demontrasi damai.

sumber:

TABLOIDJUBI.COM | 30/11/2018 09:30

 

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password