Desain Baru Web BIG, Tingkatkan Mutu Layanan Publik

istimewa

JAKARTA (kabarjitu): Memasuki era revolusi industri 4.0, situs suatu lembaga pemerintahan menjadi wajah institusi di dunia maya. Situs tersebut merupakan persona yang mewakili lembaga untuk melayani kebutuhan informasi publik 7×24 jam. Oleh sebab itu, desain web harus lebih menarik mengikuti perkembangan di bidang teknologi informasi.

 

“Kami telah menyelesaikan desain terbaru dari situs utama dan jaringan dokumentasi dan informasi hukum (JDlH). Hal tersebut sebagai bagian dari layanan informasi publik. Sehingga wadah informasi kami di dunia maya itu harus diketahui oleh masyarakat luar,” kata Sekretaris Utama Badan Informasi dan Geospasial (BIG) Muhtadi Ganda Sutrisna kepada kabarjitu.com usai Launcing Website dan JDIH BIG di Cibinong, Bogor, Jumat (30/11/2018).

Dia menjelaskan, kini desain terbaru dari situs tersebut terdapat kolom pengajuan kunjungan untuk memudahkan setiap sekolah, universitas, instansi dan swasta yang ingin mengenal lebih jauh wajah Indonesia melalui pemetaan yang sudah dikerjakan.

“Di dalam situs itu terdapat berapa jumlah pulau di Indonesia, lengkap dengan panjang garis pantainya. Selain itu, di web ini sekarang juga ada ikon Governement Public Relation (GPR) sebagai bentuk dukungan kami terhadap berbagai kegiatan kehumasan yang dilaksanakan oleh pemerintah,” ujarnya.

Menurut Muhtadi, dua situs tersebut menjadi wajah yang menampilkan personanya melalui dunia maya yang bisa melayani masyarakat selama 24 jam penuh. Ini menjadi bagian dari revolusi industri 4.0 yang memang harus diadaptasi oleh pihaknya.

Sementara itu, Kepala Pusat Dokumentasi dan Jaringan Informasi Hukum Nasional Badan Pembinaan Hukum Nasional Yasmon M.L.S menambahkan, sebagai bagian dari kesatuan, jaringan situs tersebut menyediakan seluruh dokumen dan informasi mengenai peraturan perundang-undangan terkain geospasial hingga keputusan pimpinan BIG.

“Dengan mengakses situs tersebut, pengguna dapat masuk ke dalam JDIH nasional maupun sebaliknya. Apalagi, saat ini JDIH telah terintegrasi dengan sistem single sign on sehingga seluruh pegawai dapat mengakses seluruh dokumen hukum. Bahkan informasi yang informasi yang dirahasiakan juga dapat diakses pegawai,” pungkasnya. (eva)

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password