Roket Air Terbangkan Siswa SMP Indonesia ke Singapura

Kabarjitu/eva

JAKARTA (kabarjitu): Prestasi 6 siswa SMP dari Pontianak, Bandar Lampung, Jakarta, dan Magelang patut dicontoh. Mereka terpilih menjadi pemenang Kompetisi Roket Air Nasional.

********

Mereka mewakili Indonesia untuk mengikuti Kompetisi Roket Air Internasional di ajang Asia Pacific Space Agency Forum (APRSAF) pada 2-4 November mendatang di Singapura.

Direktur PP Iptek, M. Syachrial Annas mengatakan, untuk mengikuti perlombaan bergengi di Singapura, para pemenang KRAN 2018 harus melewati sejumlah kompetisi. Yakni, kompetisi serupa dari tingkat lokal, regional, hingga masuk 6 besar di tingkat nasional.

“Akhirnya jerih payah mereka menciptakan roket ajaib patut diacungi jempol. Roketnya dari botol plastik bekas minuman mineral. Bahan bakarnya air. Tapi mampu membawa mereka terbang ke Singapura,” kata Syachrial kepada kabarjitu.com di sela acara peluncuran roket air pada KRAN 2018, Rumpin, Bogor, Jawa Barat, Minggu (30/9/2018).

Dia menjelaskan, melalui modifikasi dan desain khusus, para pemenang itu menyulap botol bekas air minuman. Mereka melengkapinya dengan wahana daya tekan yang berfungsi sebagai mesin roket. Air yang dipaksa keluar oleh udara yang telah terkompresi itu, bisa membuat roket ciptaan siswa ini bisa melesat dengan jarak tertentu.

“Roket air didesain menggunakan tekanan udara. Kemudian menciptakan gelembung dan bisa menekan volume udara di bagian atas botol. Botol dilepaskan dari pompa. Lalu air didorong keluar nossel oleh udara terkompresi. Botol pun bergerak menjauh dari air, karena mengikuti hukum Newton Ketiga,” ungkapnya.

Kepala Pusat Teknologi Roket, Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional (LAPAN) sangat mengapresiasi penyelenggaraan KRAN ini. Karena ajang ini merupakan kepedulian dalam mempersiapkan masyarakat, agar pola pikirnya berorientasi pada teknologi antariksa.

“Pola pikir yang dibentuk sejak dini sangat bermanfaat untuk mempersiapkan SDM yang menggeluti bidang ini. Semoga kompetisi ini sukses menghasilkan generasi muda untuk menguasai teknologi antariksa, khususnya teknologi roket. Selamat berkompetisi,” ucapnya.

Dia berharap, kegiatan ini mampu meningkatkan pengetahuan, kecintaan, dan kreativitas generasi muda dalam bidang antariksa. Karena diharapkan, mereka mampu menciptakan inovasi untuk kemajuan bangsa di kemudian hari.

“Selamat kepada para pemenang yang akan mewakili Indonesia pada ajang APRSAF tahun ini, semoga dapat mengharumkan bangsa dan negara. Kompetisi ini bertujuan untuk menumbuhkembangkan minat, kreativitas, dan inovasi pelajar Indonesia terhadap perkembangan teknologi kedirgantaraan,”
tandasnya. (eva)

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password