Program PTSL di Kab Bogor Mangkrak, dan Banyak Pungli

kreasi kabarjitu

BOGOR (kabarjitu): Program pemerintah pusat bernama Pedaftaran Tanah Sistematis Lengkap (PTSL) di wilayah Kabupaten Bogor tidak sesuai harapan rakyat. Sampai sekarang masih banyak yang mangkrak.

_______

Selain prosesnya yang terlalu lama, biayanya pun tergolong mahal. Petugas meminta biaya kepada warga yang mengurus dokumen tanahnya dari Rp 600.000 sampai Rp 1.200.000. “Bahkan ada yang lebih dari itu,” ungkap Suryadi, warga Kecamatan Cibinong, belum lama ini.

Menurut Suryadi, di Kecamatan Cibinong, dari 13 kelurahan yang ada, biayanya beda beda. Ada satu kelurahan yang sangat parah, yaitu Kelurahan Tengah Kec. Cibinong, Kab. Bogor. “Di Kelurahan Tengah, biaya yang dipungutnya berbeda-beda,” katanya.

Yang mengejutkan lagi, ukuran tanah yang tercatat di surat yang sudah jadi, berbeda dengan yang sebenarnya. “Komplain warga pun tak digubris,” ujarnya.

Salah satunya yang dialami, Mardiana, warga RT 06 RW 07 Kel. Tengah. Awalnya, ukuran tanahnya yang tercatat seluas 100m². Tapi yang dicantumkan di sertifikat hanya 67m².

“Sudah datang ke RT setempat. Tapi pihak RT lepas tangan. Lalu dibawa ke kelurahan pun tidak ada tangapan,” ungkapnya.

Bahkan, katanya, lurahnya pun susah ditemui. “Setiap datang ke kelurahan, pak lurahnya tidak pernah ada di kelurahan,” katanya.

Selain Mardiana, pak Suripto pun dari RT 06 RW 07 Kel. Tengah mengeluhkan hal yang sama. Tanahnya tidak sesuai ukuran awal. (Yad)

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password