Kemendes PDTT Fasilitasi Jaringan  Internet di Manggarai NTT

istimewa

JAKARTA (kabarjitu): Kementerian Desa, Pembangunan Daerah Tertingal dan Transmigrasi (Kemendes PDTT) turut memfasilitasi pembangunan jaringan internet di desa wisata adat Wae Rebo, Kabupaten Manggarai, NTT.

_______

Bupati Manggarai, Kamelus Deno, mengatakan, hadirnya jaringan internet di kampung adat Wae Rebo mendukung kemajuan Wae Rebo ke depan.

“Terimakasih dan apresiasi kami kepada Kemendes PDTT,” ungkap Kamelus Deno, Selasa (14/8/2018).

Seperti diketahui, pembangunan internet di Wae Rebo terlaksana atas kerja sama Direktorat Peningkatan Sarana dan Prasarana Kementerian Desa, Pembangunan Daerah Tertingal dan Transmigrasi (Kemendes PDTT) dengan PT. Pasifik Satelit Nusantara (PSN).

Menurut Kamelus, sebenarnya warga selama ini bisa mengakses jaringan komunikasi meski belum maksimal. Sebab, sebelumnya, Pemda dengan Telkomsel telah membangun tower di sisi selatan Wae Rebo.

“Kerja sama itu ditindaklanjuti dengan Pilot Project jaringan internet VSAT Ubiqu (CSR) di Kabupaten Manggarai, Provinsi Nusa Tenggara Timur. Pemasangan VSAT di Wae Rebo melibatkan Dinas Kominfo Pemkab Manggarai,” paparnya.

Deno menambahkan, sejak 2005, Pemkab Manggarai memiliki komitmen untuk membangun infrastruktur dasar di seluruh kecamatan di Manggarai. Jalan, jembatan, listrik, dan air minum bersih adalah prioritas bagi pemerintah.

Seiring waktu, dengan semakin pesatnya perkembangan informasi dan teknologi, Pemkab menyadari bahwa konektivitas komunikasi melalui layanan internet telah menjadi infrastruktur mendasar dalam skema pembangunan daerah.

“Kami sadar betul itu. Apalagi untuk tempat-tempat wisata seperti Wae Rebo,” terang Deno.

Jaringan Internet di Wae Rebo

Warga Wae Rebo, kata Deno, selama ini sebenarnya bisa mengakses jaringan komunikasi meski belum maksimal. Pemda dengan Telkomsel sebelumnya telah membangun tower di sisi selatan Wae Rebo.

Namun, karena letak Wae Rebo yang mencapai 12.000 mdpl akses layanan komunikasi, khususnya jarak jauh, kerap terganggu.

Warga selama ini sebenarnya bisa mengakses jaringan komunikasi meski belum maksimal. Pemda dengan Telkomsel sebelumnya telah membangun tower di sisi selatan Wae Rebo.

Untuk pemasangan jaringan internet di Wae Rebo, kata Deno, Pemkab telah membangun komunikasi dengan masyarakat Wae Rebo. Hal itu demi mencegah adanya resistensi dari masyarakat setempat.

“Persoalan itu sekarang sudah selesai dengan hadirnya jaringan internet yang merupakan hasil kerja sama Kemendesa PDTT dan PT. Pasifik Satelit Nusantara (PSN),” ujar Deno.

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password