Tarif Merata Segera Berlaku di Tol Semarang Seksi A-B-C

istimewa

SEMARANG (kabarjitu): Dalam rangka meningkatkan pelayanan transaksi kepada pengguna jalan tol, dalam waktu dekat PT Jasa Marga (Persero) Tbk. akan memberlakukan sistem pentarifan merata, dengan tarif tunggal di Jalan Tol Semarang Seksi A-B-C.

________

Menurut Dwimawan Heru, AVP Corporate Communication, PT Jasa Marga (Persero) Tbk.,
saat ini, pengguna jalan tol yang melakukan perjalanan lintas seksi di Jalan Tol Semarang Seksi A-B-C harus melakukan 2 kali transaksi, yaitu pembayaran pada saat akan memasuki jalan tol _(on ramp pay)_ dan pada saat akan keluar dari jalan tol _(off ramp pay)._

“Dengan adanya perubahan sistem pentarifan tersebut, maka pengguna jalan tol yang melakukan perjalanan lintas seksi (Jalan Tol Semarang Seksi A-B-C) cukup melakukan satu kali transaksi yaitu pada saat akan memasuki jalan tol (on ramp pay),” kata Heru melalui rilis yang diterima kabarjitu, Rabu (23/5/2018).

Dengan diberlakukannya sistem pentarifan merata dengan tarif tol tunggal, kata Heru, mekanisme transaksi di Ruas Jalan Tol Semarang Seksi A-B-C menjadi sebagai berikut:
Pertama, pengguna jalan tol Semarang-Solo yang menuju jalan tol Semarang Seksi A-B-C akan melakukan transaksi pembayaran tol di Gerbang Tol (GT) Banyumanik, dengan membayar tarif tol yang terdiri dari tarif tol proporsional Ruas Jalan Tol Semarang-Solo dan tarif merata Jalan Tol Semarang Seksi A-B-C.

Kedua, untuk pengguna Jalan Tol Semarang-Solo yang menuju jalan arteri Tirto Agung akan melakukan transaksi pembayaran tol di GT Banyumanik (lajur khusus), dengan hanya membayar tarif tol proporsional Ruas Jalan Tol Semarang-Solo.

Selain itu, dengan adanya sistem pentarifan merata, maka akan terdapat beberapa konsekuensi, yaitu:
1. Tidak ada lagi transaksi pada akses keluar di beberapa GT sebagai berikut:
a. GT Manyaran _off ramp_ (arah Krapyak)
b. GT Gayamsari _off ramp_ (arah Gayamsari)
c. GT Muktiharjo _off ramp_ (arah Kaligawe)
d. GT Tembalang _off_ dan _on ramp_ pada jalur utama

2. Diperlukan pembangunan GT Baru pada beberapa lokasi sebagai berikut:
a. GT Srondol _on ramp_ (arah Jangli)
b. GT Jatingaleh _on ramp_ (arah Krapyak)
c. GT Jatingaleh _on ramp_ (arah Jangli)
d. GT Tembalang on ramp (arah Jangli)

Dengan adanya perubahan sistem pentarifan merata dengan tarif tunggal di Jalan Tol Semarang Seksi A-B-C dapat mengurangi titik transaksi untuk pengguna jalan tol lintas seksi yang semula dua kali transaksi, menjadi hanya satu kali transaksi.

“Hal tersebut diharapkan dapat berdampak terhadap efisiensi waktu tempuh,” pungkasnya.

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password