Wilayah Pegunungan Papua Terbelah pasca Diguncang Gempa 7,6 SR

istimewa

JAKARTA (kabarjitu): Wilayah pegunungan Papua Nugini diguncang gempa berkekuatan 7,5 skala richter (SR) pada Senin (26/2/2018) dini hari pukul 03:45 waktu setempat. Sebanyak 30 orang dikabarkan tewas.

_______

Pada hari yang sama, gempa juga melanda wilayah Papua dengan kekuatan 7,6 SR. Gempa di wilayah paling timur Indonesia ini terjadi pada pukul 02:41 WIT.

Gempa yang mengguncang wilayah Pegunungan Papua Nugini, berlokasi di 90 kilometer selatan Porgera di Provinsi Enga.

Gempa tersebut diikuti dua gempa susulan yang menyebabkan sebagian besar saluran telepon terputus.

Menurut surat kabar Papua Nugini, Post Courier yang mengutip keterangan pejabat Provinsi Hela, William Bando menyebut, setidaknya 13 orang meninggal di ibukota Dataran Tinggi Selatan Mendi dan 18 orang lainnya di wilayah Kutubu dan Bosave.

Selain korban meninggal, sedikitnya 300 orang mengalami luka-luka. Sejumlah bangunan juga mengalami rusak parah serta tanah longsor tanah amblas.

Melalui Papua New Guinea Today, Pastor Katolik Pius Hal mengatakan, setidaknya 10 orang jemaahnya tewas. Empat di antaranya anak-anak, karena tanah longsor pasca gempa.

Kepala Menteri Pemerintah Papua Nugini, Issac Lupari akan mengunjungi wilayah bencana untuk memeriksa kerusakan. Ratusan anggota militer juga diterjunkan untuk membantu dan mengevakuasi korban, serta memberikan pelayanan kepada para korban.

Rumah-rumah Roboh
Gubernur Hela, Philip Undialu mengungkapkan, akibat gempa bumi, terjadi kerusakan yang cukup luas.

“Dari informasi lapangan yang kami dapatkan, kerusakannya cukup luas. Ada 19 titik longsor antara Mendi dan kota Mount Hagen,” kata Philip seperti dilansir kantor berita AFP, Selasa (27/2).

“Bangunan yang mengalami kerusakan antara lain kantor polisi, gedung pengadilan, rumah sakit. Bahkan tidak sedikit rumah warga yang runtuh dan amblas ke dalam tanah,” katanya.

Pakar seismologi AS menyatakan, gempa di Papua Nuini terjadi di kedalaman 35 kilometer sekitar pukul 3:45 dini hari (Minggu, 17:45 GMT). Diikuti gempa susulan dengan kekuatan 6,0 dan 6,3 SR.

Daerah yang dilanda gempa merupakan kawasan produksi minyak dan gas bumi milik ExxonMobil PNG. Sejumlah bangunan di Fasilitas Gas mengalami kerusakan. Namun seluruh pegawainya selamat.

Begitu juga dengan pihak perusahaan energi Australia Oil Search yang mengatakan bahwa daerah operasinya ditutup untuk berjaga-jaga. Walaupun sejauh ini tidak ada laporan korban dari para pekerja.

Papua Nugini memang kerapkali dilanda gempa bumi, karena terletak di titik aktivitas seismik, Lingkaran Api Pasifik.

Gempa Papua
Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) mengungkapkan pusat gempa berkekuatan 7,6 SR di sebagian wilayah Papua, berada di kedalaman 96 kilometer.

Belum ada laporan jumlah korban jiwa. Walaupun kekuatan gempa terbilang besar, namun tak berpotensi tsunami.

Sedangkan pusat gempanya berada di daratan pada 266 Km sebelah tenggara Bovendigoel, Papua.

“Belum ada laporan korban dan kerusakan,” kata Kepala Pusat Data Informasi dan Humas BNPB Sutopo Purwo Nugroho, Senin (26/2/2018).

Gempa dirasakan di daerah Tanah Merah, Wamena, Merauke, dan Jayapura. “Warga panik dan berhamburan keluar rumah,” imbuhnya.

Dilaporkan, terjadi gempa susulan dengan magnitudo 5,9 SR, pada Senin (26/2) pukul 01.11 WIB, di 130 Km Tenggara Pegunungan Bintang, Papua, dengan kedalaman 59 Km.

Gempa susulan kedua berkekuatan 5,3 SR, pada Senin (26/2) pukul 01.47 WIB, di 244 km barat daya Wewak, Papua New Guinea, dengan kedalaman 183 Km.

Gempa susulan ketiga berkekuatan 5,4 SR, pada Senin (26/2) pukul 03.17 WIB, di 275 Km arah Tenggara Bovendigoel, Papua, dengan kedalaman 128 Km.

Dan, gempa susulan keempat dengan magnitudo 5,4 SR, pada Senin (26/2) pukul 04.11 WIB, di 229 Km tenggara Bovendigoel, dengan kedalaman 10 Km.

Saat ini, BPBD bersama aparat masih melakukan pemantauan dan pendataan di lapangan. Terpantau, Jalan di Distrik Waropko, Kabupaten Boven Digoel, terbelah panjang.

Kepala Pelaksana BPBD Provinsi Papua Welliam R Manderi menyebut, ada 3 distrik di Boven Digoel yang mengalami kerusakan parah.

Welliam menjelaskan, di Distrik Midiptana ada 3 rumah warga yang rusak, sebuah puskesmas, Masjid Al Muhajirin (rusak berat), sebuah pos TNI, gedung SD, serta kantor distrik.

Sedangkan di Distrik Arimop, dikabarkan 2 unit rumah warga rusak. Satu unit bangunan SD juga rusak.

Di Distrik Waropko, 3 unit rumah warga serta satu bangunan kantor PDAM rusak, temasuk jalan di sekitarnya.

“Jalan terbelah panjang di 3 titik dari wilayah Distrik Waropko menuju Kampung Upkin,” ujarnya. Namun, belum ada laporan korban jiwa.

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password